Rekor Baru Menpora Dito Perkuat Pembangunan Nasional

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia mengelar kegiatan rapat koordinasi (Rakornas) pemuda dan olahraga 2023.

Kegiatan ini mengangkat tema pemuda tangguh, olahraga maju, Indonesia maju dengan tujuan meningkatkan indeks pembangunan pemuda dan kualitas ekosistem olahraga nasional yang bersinergi dengan stake holder terkait.

Rakornas ini digelar untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Kemenpora berdiri, dan berlokasi di Jakarta Internasional Velodrome, Jumat 8 September 2023.

Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan rakornas 2023 adalah upaya mengakselerasi, mengoptimalisasi, dan mesosialisasikan tentang desain besar olahraga nasional dan rencana aksi daerah pelayanan kepemudaan dalam rangka peningkatan indeks pembangunan pemuda secara masif.

”Rakornas kepemudaan dan keloahragaan merupakan rakor pertama yang menggabungkan dua bidang dalam serangkaian agenda peringatan Hari Olahraga Nasional ke 40 sebagai komitmen dari kemenporan untuk mensinergikan kepemudaan dan keolahragaan menjadi satu kesatuan yang saling mendukung untuk menguatkan pembangunan nasional” terang Menpora Dito

Selain itu, Menpora Dito berharap rakornas dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan ide yang bermanfaat untuk pembangunan pelayanan kepemudaan dan peningkatan kualitas keloahragaan nasional pada setiap level cabang olahraga.

”Menuju Indonesia Emas 2045, kami akan merampungkan desain besar kepemudaan nasional sebagai peta jalan kepemudaan nasional. Karena kita harapkan bonus demografi harus dipastikan berhasil memperkokoh posisi bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju” tegas Menpora Dito

”kami juga ingin bergotong royong melaksanakan desain besar olahraga nasional (DBON), Bagi saya DBON adalah salah satu cara tolak ukur dari pondasi memajukan olahraga Indonesia. DBON adalah peta jalan olahraga dari hulu ke hilir, proses edukasi, peningkatan prestasi, hingga terciptanya industri olahraga kokoh” sambungnya.

Menteri Dito menekankan juga setelah sukses menyelenggarankan FIBA World Cup sebagai tuan rumah, Indonesia kedepan akan mengikuti agenda besar olahraga dunia diantaranya ASIAN Games dan ASIAN Para Games di guanzhou china serta kita sebagai tuan rumah FIFA World Cup U17 2023 dengan kepercayaan dunia yang dimiliki indonesia saat ini.

Dito Ariotedji sebagai menpora dan mewakili generasi pemuda akan berjuang habis – habisan untuk mewujudkan indonesia kembali ke peta percaturan olahraga dunia.

”Karena Saya memegang teguh pesan bung karno yang berkata berpedomanlah pada harapan dan ketepatan hati, berpedomanlah pada cita-cita, berpedomanlah pada impian dan angan – angan. Jadi jika ditanya mimpi saya apa, saya akan tegas menjawab mimpi saya akan menyiapkan pemuda tangguh untuk Indonesia maju” lanjutnya.

Menteri dito menutup sambutannya dengan menitip pesan kepada peserta rakornas 2023 agar memperkuat silahturahmi dan menjadi aparatur negara yang tidak anti terhadap ide – ide perubahan yang digalang para pemuda – pemudi kita.

Kegiatan ini dibuka oleh Mentri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo.

Kemudian dirangkaikan dengan penandatanganan piagam kesepahaman bersama Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) guna mempercepat upaya penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan kepemudaan.

Serta juga penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenpora dan TNI yang ditandatangani oleh Menpora Dito Ariotedjo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono terkait tridharma ekakarma bidang kepemudaan dan keolahrgaan untuk peningkatan pemuda dan olahraga dikalangan militer.

Rakornas 2023 dihadiri oleh kepala dinas pemuda dan olahraga provinsi dan kabupaten/kota Se-Indonesia, pimpinan organisasi kepemudaan, pimpinan induk cabang olahraga serte elemen pemangku kepentingan kepemudaan dan kelolahragaan.

author avatar
adminbiuus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *