Menko PMK Muhadjir Effendy Wakili Presiden Jokowi Membuka Rakornas Kemenpora

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effedy mewakili Presiden Joko Widodo, memberikan arahan dan secara resmi membuka rapat koordinasi nasional (Rakornas) pemuda dan olahraga 2023 di Jakarta Internasional Velodrome, Jumat 8 Semptember 2023.

Menko PMK Muhadjir Effedy mengungkapkan pentingnya sinergi dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam memajukan bidang kepemudaan dan keolahragaan, karena urusan pemuda dan olaharaga merupakan tanggung jawab bersama.

”Rakornas pemuda dan olahraga ini adalah yang pertama kalinya digelar dalam sejarah perjalanan yang ada dikemenpora. Tentu harus kita apresiasi dan sambut baik gagasan mas menpora dalam menggelar rapat ini,” Kata Meko Muhadjir.

Menko Muhadjir menyampaikan dalam urusan kepemudaan dan keolahragaan harus bersinergi dan tak bisa dilakukan satu pihak saja. Oleh karenanya, diharap rakornas ini bisa terbangun kolaborasi nyata antara pemerintah pusat dan daerah dalam menjalankan program – program strategis.

Menko PMK Berharap pertemuan antara pemerintah pusat dan daerah dapat menghasilkan gagasan dan ide yang bermanfaat bagi kepentingan kepemudaan dan keolahragaan di Tanah Air. Jadi kordinasi harus terus ditingkatkan, sambugnya.

Menko PMK menilai generasi muda harus disiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan, mengingat adanya bonus demografi serta target Indonesia Emas 2045.

”Bapak Presiden Joko Widodo Menyiapkan SDM yang unggul. Pemuda adalah kunci untuk menyonsong Indonesia maju” kata Menko PMK Muhadjir

Selain itu, Menko PMK Muhadjir menyatakan bahwa pembangunan disektor kepemudaan dan keolahragaan seirama dengan peran Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asean tahun ini.

Negara – negara di Kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia memiliki modal besar untuk menjadi pusat pertumbuhan dunia.

“Dalam KTT Asean, Indonesia yang dipimpin oleh bapak presiden joko widodo menekankan kembali kepada pemimpin – pemimpin negara bahwa Asia Tenggara mempunyai modal dan harus lincah untuk menciptakan ASEAN sebagai Epicentrum Of Growth. Hal ini erat kaitannya dengan pembangunan masyarakat yang unggul, cerdas, sehat, kuat, dan berahlak mulia. Dan posisi pemuda adalah kunci penting dari sasaran pembangunan manusia masa kini dan mendatang ” terang Menko PMK Muhadjir

Rakornas ini mengusung tema: Pemuda Tangguh, Olahraga Maju. Pertemuan tatap muka merupakan bagian dari puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023 yang selalu diperingati pada 9 September setiap tahunnya.

Rangkaian acara pembukaan Rakornas dilanjutkan dengan peluncuran Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 oleh Menpora Dito. selain itu juga ada pemberian penghargaan kepada provinsi dengan IPP tertinggi.
Rapat ini dihadiri oleh perwakilan kementerian/lembaga, seluruh perwakilan pemerintah daerah, serta stakeholder kepemudaan dan keolahragaan guna membahas topik strategis tentang pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tingkat daera dan juga Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan.

Kemudian juga dilakukan penandatanganan piagam kesepahaman antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Lalu dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman sebagai bentuk komitmen bersama antara Kemenpora RI bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentang pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan.

author avatar
adminbiuus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *