Akademi dan Kejurnas Aquabike 2024  Ciptakan Pabalap Indonesia

Balige: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, memastikan pelaksanaan Kejuaraan Nasional Aquabike Series 2024 Piala Menpora RI di Danau Toba dan didirikannya Akademi Aquabike adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah memastikan lahirnya pebalap Indonesia untuk series-series aquabike dan F1Powerboat selanjutnya.

“Jadi, Kejurnas Aquabike ini kita selenggarakan bersama IMI Pusat, sebagai salah satu bentuk komitmen, dimana untuk series aquabike selanjutnya untuk kita memastikan ada pebalap dari Indonesia,” kata Menpora Dito usai jumpa pers di Media Center F1 Poweboat 2024 Balige, Sumatera Utara, Minggu (3/3).

Kejurnas Aquabike 2024 yang dilaksanakan sebagai bagian dari side event perhelatan F1Powerboat 2024 di Danau Toba itu diikuti 26 peserta nasional. IMI Pusat dan Injourney juga akan menggiatkan kejurnas itu di beberapa daerah lain di Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini Kejurnas Aquabike ini diikuti 26 peserta dan saya rasa ini awal mula yang sangat baik meski terbatas, akan maksimal. Tahun depan baik dari Injourney maupun IMI akan juga mengadakan Kejurnas Aquabike di berbagai daerah dan pastinya ini kita dukung karena kita sudah komit bahwa Indonesia menjadi host kejuaraan dunia aquabike,” jelas Menpora Dito.

“Untuk itu kita memiliki kewajiban untuk menyiapkan para calon pebalapnya. H2O Racing juga memiliki komitmen yang sama untuk mendirikan akademi aquabike di Toba yang nantinya untuk melatih pebalap Indonesia agar bisa balapan untuk powerboat dan tentunya termasuk aquabike. Semoga tahun ini bisa segera dimulai,” harap Menpora Dito.

Dengan hadirnya rangkaian dari H2O Racing seperti F1Powerboat dan aquabike target Indonesia adalah bagaimana dapat melahirkan pebalap potensial di dua kategori bergengsi tersebut. 

“Tadi malam saya juga sudah berkoordinasi intinya kita akan mengadakan talent scouting dan ternyata para pebalap F1 Powerboat itu kebanyakan kalau dasarnya sudah bisa gokart, pilot jet tempur atau motocross itu akan lebih mudah. Mungkin nanti kita bersama IMI Pusat akan memformulasikan bagaimana talent scouting yang nantinya tentu dengan adanya komitmen dengan Kemenko Marves menjadikan Danau Toba sebagai kawasan terpadu dan fokus pada olahraga air, pastinya saya rasa ini kedepan dengan perkembangan infrastruktur pasti pelaksanaan dari tahun ke tahun akan lebih baik,” tandasnya.

Menurut Menpora Dito, selain olahraga air (F1Powerboat dan Aquabike) di Samosir dan Kaldera juga akan ada Trail Run tingkat dunia dari UTMB sebagai asosiasi Trail Run tertinggi dunia pada Mei mendatang. “Ini adalah beberapa strategi yang nantinya akan mengangkat Danau Toba secara keseluruhan lebih baik lagi di mata dunia,” pungkas Menpora Dito.

author avatar
satriasamudra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *