Menurut Menpora Dito Periapan Venue Untuk PON XXI Aceh Sudah Berjalan Baik

Biuus.com, Deli Serdang – Dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara tahun 2024. Hari Jumat (16/2) siang, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ( Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, dan didampingi Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meninjau progres pembangunan fasilitas venue. 

Venue pertama yang dikunjungi Menpora Dito yakni venue cabang olahraga atletik yang terletak di Sport Center Sumut, Deli Serdang, Sumatera Utara. Terlihat proses pembangunan sedang berjalan baik. Untuk lintasan atletik terlihat sudah selasai, sementara pembangunan tribun penonton dalam proses pembangunan.

Usai meninjau venue atletik, Menpora Dito bersama rombongan meninjau proyek pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara.  Di situ Menpora Dito mendapat penjelasan dari pihak PUPR terkait proses pembangunannya. 

Usai melakukan peninjauan Menpora Dito menyampaikan progres pembangunan beberapa venue untuk PON XXI tahun 2024 Aceh-Sumut berjalan baik. 

“Saya bersama Menko PMK, Pak Muhadjir Effendy hari ini ingin melihat langsung progres pembangunan venue untuk PON XXI 2024 Aceh-Sumut, salah satunya Stadion Atletik dan 
Stadion Utama yang ada di Sumut Sport Center, Deli Serdang. Semua berjalan baik dan sesuai progres,” kata Menpora Dito.

Sementara Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan pembangunan venue atletik dan stadion utama Sumut sudah mencapai 30 persen, dan dirinya optimis Juli akan selesai semua. 

“Progres pembangunan stadion atletik dan stadion utama Sumut yang rencananya akan digunakan untuk penutupan PON XXI 2024 sudah mencapai 30 persen. Dan saya optimis Juli sudah selesai,” ujar Muhadjir. 

Sumut, akan mempertandingan 34 cabang olahraga, 46 disiplin olahraga, 602 nomor pertandingan. Kabupaten Deli Serdang menjadi yang terbanyak memainkan cabor pada ajang empat tahunan tersebut. 

Adapun cabor yang akan dihelat di Deliserdang, yakni, Atletik, Balap Sepeda Road Race, Berkuda, Bermotor, Voli, Bowling, Bulu Tangkis, Cricket, Barongsai, Drumband, Gateball, Hocley, Ju-Jitsu, Karate, Senam, Futsal, Squash, Taekwondo, Wushu dan Pencak Silat diproyeksikan bermain di Kabupaten Deli Serdang.

Kota Medan akan menjadi saksi pertarungan Kabaddi, Tinju, E-Sport, Dancesport, Akuatik, BMX, Biliar, Binaraga, Golf dan Tenis Meja. Sementara Kabupaten Karo akan pertandingan Balap Sepeda MTB (Sepeda Gunung).

Selain itu, Kabupaten Serdang Bedagai akan menyajikan pertandingan Bola Voli Pasir, Kota Siantar akan memainkan pertandingan Kick Boxing serta Kabupaten Toba juga akan memainkan pertandingan Ski Air.

Sedangkan 3 Kabupaten dan Kota lainnya masing-masing, Kota Binjai akan mempertarungkan Cabor Gulat, Kabupaten Langkat dengan Cabor Sambo dan yang terakhir Cabor Renang kategori Renang Perairan Terbuka akan bertanding di Kabupaten Simalungun.

author avatar
satriasamudra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *