Menpora Dito Jadi Chief Guest Peringatan Revolusi Iran

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menjadi Chief Guest pada acara Peringatan 45 Tahun Kemenangan Revolusi Islam Iran di Grand Ballroom Fairmont Hotel, Jalan Asia Afrika Nomor 8, Senayan, Selasa (6/2) malam.

Mewakili Pemerintah RI, Menpora Dito mengucapkan selamat kepada Republik Islam Iran yang tengah merayakan hari nasionalnya. Apalagi kemenangan Revolusi Islam Iran merupakan pijakan yang signifikan dalam sejarah negara tersebut.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Iran dalam memperingati 45 tahun Revolusi Islam. Saya salut dengan keberhasilan Iran dalam menghadapi tantangan dan kemajuannya di bidang sosial-ekonomi serta ilmu pengetahuan,” tutur Menpora.

“Peringatan 45 tahun Kemenangan Revolusi Islam Iran merupakan bukti kekuatan dan determinasi masyarakat Iran. Peristiwa ini merupakan simbol komitmen yang kokoh pada prinsip-prinsip, kegigihan dalam menghadapi tantangan, serta upaya mencapai masa depan yang lebih cerah,” sambung Menpora Dito.

Baca juga : Menpora Dito Terima PP Hikmahbudhi Untuk Kongres ke XII

Indonesia, sebut Menpora, memiliki semangat yang sama dan selaras dengan Iran dalam hal upaya mencapai progres ke depan. Dengan perjalanan transformasi yang telah dilalui selama ini, Indonesia memahami pentingnya mewujudkan satu tujuan dalam membangun masa depan bangsa.

“Saya menekankan kesamaan semangat kedaulatan dan perjuangan dalam menentukan masa depan antara Indonesia dan Iran. Sebagai sahabat, Indonesia akan terus mendukung upaya Iran mencapai kemajuan lebih lanjut,” ucap Menpora Dito.

Lebih lanjut Menpora mengapresiasi hubungan bilateral yang kuat antara Iran dan Indonesia. Sebagaimana dipertegas dengan kunjungan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi ke Indonesia dan penandatanganan sepuluh perjanjian yang memperkuat kerja sama ekonomi, budaya, dan sektor lainnya.

“Dalam hubungan bilateral dengan seluruh negara internasional, komitmen Indonesia selalu tinggi. Itu semua pasti dilakukan dengan kolaborasi-kolaborasi dan kerja sama di berbagai sektor,” tegas Menpora. 

Menpora Dito lantas menyampaikan progres kerja sama kepemudaan dan keolahragaan antara Indonesia dengan Iran. Melalui pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia Mohammad Boroujerdi, diketahui bahwa kedua negara memiliki keinginan besar untuk sama-sama memperkuat kerja sama tersebut.

“Saya menggarisbawahi kerja sama di bidang pemuda dan olahraga sebagai komponen penting dari hubungan bilateral, dengan harapan untuk pertukaran pemuda dan pengembangan bersama di industri olahraga, termasuk sepak bola dan olahraga tradisional,” terang Menpora. 

Baca juga : Kemenpora Buat Lomba Debat Adu Gagasan Diikuti 100 Peserta

Menpora melihat melihat Iran sebagai salah satu negara di Timur Tengah dengan perkembangan olahraga yang pesat. Baik itu di multievent seperti Asian Games yang berada pada peringkat tujuh maupun sepak bolanya yang juga mulai maju. 

“Inilah yang nanti kita aturkan, bagaimana para atlet kita bisa berlatih bersama dan bertanding bersama, dan juga tidak menutup untuk olahraga-olahraga lainnya, termasuk olahraga tradisional Iran,” ujar Menpora Dito.

Tak luput Menpora menegaskan dukungan Indonesia terhadap Palestina. Pasalnya Iran memiliki sikap yang sama dengan Indonesia yang tegas menolak penjajahan dan kekerasan di Palestina yang dilakukan Israel.

“Saya menegaskan dukungan Indonesia terhadap Palestina dan mengungkapkan optimisme untuk kerja sama yang lebih dalam antara Indonesia dan Iran, yang diharapkan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi kedua bangsa,” sebut Menpora.

Dalam kesempatan itu Menpora Dito melakukan pemotongan kue secara simbolis bersama Dubes Mohammad Boroujerdi sebagai simbol hubungan baik kedua negara. Hadir mendampingi Menpora Dito di antaranya Staf Khusus Bidang Hukum dan Kepatuhan Tata Kelola Alvin Saptamandra Suryohadiprojo, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono, serta Staf Khusus Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga Hasintya Saraswati.

author avatar
satriasamudra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *