Kemenpora Hadiri National Championship SAC 2023 di Solo

Solo: Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Rudy Sufahriadi mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo untuk menghadiri National Championship Student Athletics Championship (SAC) 2023 di Stadion Sriwedari, Jalan Bhayangkara Nomor 5, Kota Solo, Jumat (19/1) sore.

SAC adalah kejuaraan atletik tingkat pelajar berjenjang yang diselenggarakan atas kerja sama Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dengan DBL Indonesia. 

Menpora Dito dalam sambutannya yang dibacakan Deputi Rudy menyampaikan terima kasih kepada PB PASI yang telah melaksanakan program kualifikasi SAC pada tahun 2023 di enam regional dan telah memasuki babak National Championship. Apresiasi juga diberikan kepada para atlet, pelatih, panitia, dan seluruh pihak terkait yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan ini. 

“Semoga menjadi langkah yang baik dalam pembangunan olahraga ke depan yang lebih baik,” harap Menpora Dito dalam sambutan yang dibacakan Deputi Rudy.

Diuraikan, Undang-Undang nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya peraturan presiden nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar olahraga nasional (DBON) merupakan perwujudan semangat dan harapan pemerintah pusat dan daerah serta segenap stakeholder dalam pembinaan secara berjenjang dan berkelanjutan. Untuk mendorong peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

Namun yang lebih penting adalah bagaimana olahraga menciptakan generasi emas Indonesia yang sehat bugar dan aktif di masa mendatang khususnya bagi pelajar seluruh Indonesia. 

“Olahraga merupakan bagian penting dalam pendidikan, tidak hanya meningkatkan kondisi fisik dan keterampilan gerak saja. Namun olahraga juga sebagai peningkat karakter disiplin bekerja keras pantang menyerah dan memupuk jiwa sportivitas. Karena dalam kompetisi menang dan kalah itu biasa,” tutur Deputi Rudy.

Berkenan dengan hal tersebut, PB PASI diharapkan tetap memiliki program berkelanjutan seperti kompetisi-kompetisi SAC seri nasional. Kemenpora, sambung Deputi Rudy, perlu terus bersinergi dengan stakeholder seperti PB PASI yang merupakan induk organisasi cabang olahraga atletik yang memiliki program pembinaan di tingkat pelajar.

Adapun dalam National Championship ini dipertandingkan serangkaian final di antaranya Junior Challenge, Relays 4×100  meter untuk kategori putra dan putri, serta Sprint 100 meter untuk kategori putra dan putri. (luk)

author avatar
satriasamudra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *