Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMB, Sukses Rangkul Pelaku UMKM untuk Upaya Keberlanjutan

TANGSEL – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana (UMB) sukses menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Kabupaten Tangerang Selatan.

Kegiatan ini berjudul “Pelatihan Peningkatan Produksi Kemampuan Pelaku UMKM Terhadap Implementasi Nilai Tambah Produk, Rantai Pasokan, Merek Dagang dan Kemasan Ramah Lingkungan Sebagai Upaya Keberlanjutan UMKM”. Kegiatan ini, dihadiri oleh berbagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner, pada Rabu 28 Februari 2024.

Pengabdian pada Masyarakat ini, merupakan bentuk wujud nyata dari komitmen perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar yang termasuk dalam Tridarma Perguruan Tinggi.

“Tujuan kegiatan tidak hanya memperkuat UMKM kuliner di Kelurahan Keranggan. Tetapi juga menciptakan dampak positif terhadap keberkelanjutan bagi kemajuan bisnis dan kesejahteraan masyarakat lokal.” kata Dr. Rina Astini, MM selaku penanggungjawab dalam kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan PkM sejalan dengan misi UMB untuk memberdayakan masyarakat lokal. Dengan memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pelaku UMKM, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

“Berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya berhenti pada satu kali acara, tetapi dapat menjadi awal dari kerjasama berkelanjutan antara perguruan tinggi dan masyarakat sekitar,” paparnya.

Lebih lanjut Rina Astini menegaskan, keterlibatan aktif dalam mendukung UMKM diharapkan dapat menjadi model bagi perguruan tinggi lainnya dalam menjalankan program PkM yang berdampak positif.

“Dosen-doaen ini memberikan pengetahuan dan pemahaman lebih mendalam tentang strategi pengelolaan usaha kepada para pelaku UMKM kuliner di Kelurahan Keranggan,” ujarnya.

Sementara itu, Madih, SE selaku Kepala kelurahan Keranggan menerangkan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Kelurahan ini merupakan kegiatan yang pertama dan butuh pembinaan serius sehingga kami berharap dalam pengabdian ini betul-betul dibina dan berkenan untuk dijadikan desa binaan.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran para dosen yang memberikan ilmu dan pengalaman praktis. Ini membantu kami untuk lebih memahami dalam menjalankan usaha,” tandasnya.

Adapun, para dosen yang terlibat dalam kegiatan ini yakni Dr. Rina Astini, MM, Dr. Ahmad Badawi Saluy, MM, Dr. Dewi Nusraningrum, M.Si, Dr. Tukas S. Imaroh, MM, Dr. Erna S. Imaningsih, M.Si, Dr. Yanto Ramli, MM, Dr. Irvan Noviandy A, MM, Dr. Janfry Sihite, MSM.

author avatar
adminbiuus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *