Tahan Imbang Thailand di Kualifikasi Piala Dunia, Menpora Puji Timnas

Biuus.com, Surabaya – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil menahan imbang Thailand, dengan skor akhir 2-2 pada lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6) lalu.

Menanggapi hasil ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengaku bangga dan senang dengan hasil laga tersebut. “Kami senang, ini hasil dari Pelatnas yang singkat, tetapi sudah memperlihatkan hasil. Mayoritas mereka (pemain Timnas Indonesia saat ini) adalah yang akan disiapkan oleh Shin Tae-yong untuk ke SEA Games 2021,” kata Menpora Amali dalam jumpa pers di Surabaya, Jumat (4/6).

Dikatakannya, pada pertandingan itu, skuad asuhan pelatih Shin Tae-Yong mampu menyulitkan para pemain senior Thailand sebelum memaksa pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2. Padahal Thailand mampu unggul dua kali setelah pertandingan dimulai. “Meski hasilnya imbang, saya menilai para pemain Timnas Indonesia sudah mengalami kemajuan yang signifikan semenjak dilatih Shin Tae-Yong (STY),” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Menpora asal Gorontalo ini, dirinya berterima kasih kepada pelatih asal Korea Selatan itu. “Atas hasil yang sudah berhasil membawa perubahan dalam tim Garuda, kami khaturkan terima kasih pada Shin Tae-Yong,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Menpora asal partai Golkar ini juga menyampaikan terima kasih kepada para pemain dan juga PSSI yang sudah mendukung Timnas Indonesia. Dirinya pun yakin Shin Tae-Yong bakal membuat Timnas Indonesia menjadi lebih baik lagi ke depannya. “Saya ucapkan terima kasih kepada anak-anak timnas kita, terima kasih kepada Shin Tae-yong, terima kasih kepada PSSI. Dari awal saya meyakini bahwa STY memang cocok untuk melatih Timnas Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Menpora menuturkan, akhir-akhir ini Timnas agak susah menghadapi Thailand. “Menahan imbang saja susah apalagi menang. Apalagi tim ini dipersiapkan dalam waktu singkat, tapi dia (STY, red) pasti tahu dimana kelemahan pemain kita sehingga itu yang digenjot walaupun itu belum sepenuhnya, tapi hasil itu bagi saya sudah bagus,” paparnya.

Menpora Amali pun berharap kepada semua pemain timnas agar tetap mematuhi arahan STY terutama soal kedisiplinannya dan benar-benar bekerja keras di setiap pertandingannya. “Menjadi pemain Timnas itu impian seluruh pesepakbola di dunia, percuma dia bagus di klub saja tapi belum bisa bermain di Timnas. Untuk itu saya minta anak-anak yang sekarang ada di Dubai saya minta untuk serius, masih ada dua laga lagi, lawan Vietnam dan UEA,” bebernya.

“Walaupun ini sudah tidak ini menentukan posisi kita di Piala Dunia tapi hasil maksimal akan mengubah ranking FIFA kita,” harapnya.

Laga Timnas Thailand melawan Indonesia berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis 3 Juni 2021. Thailand sebenarnya sempat unggul 2 kali, namun dua kali pula Indonesia mampu menyamakan kedudukan.

Dua gol Timnas Indonesia disumbangkan oleh I Kadek Agung Widnyana (39′) dan Evan Dimas (60′). Sementara dua gol Thailand dicetak Narubadiin Weerawatnodom (5′) dan Adisak Kraisorn (50′). Hasil ini membuat timnas Indonesia akhirnya meraih satu poin pertama di babak Kualifikasi Piala Dunia Grup G.

author avatar
Akbar F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *