Sukses Gelar FIW NTB NTT, Bappenas Optimis Mendorong Perencanaan Infrastruktur Wilayah

Hal tersebut disampaikan oleh Ervan Maksum, Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas saat FIW berlangsung di Mataram, Rabu (31/5/2023).

“Forum infrastruktur wilayah menjadi forum yang penting dan sebagai kelengkapan dari sisi demand, pelaku usaha, dan akademisi dalam memberikan perspektif terkait penyediaan infrastruktur” Jelas Ervan.

Ervan juga menyebut Forum Infrastruktur Wilayah sebagai wadah rekomendasi dalam menyusun RPJMN dan RPJPN.

“Kegiatan FIW ini menjadi tempat menerima masukan dan menjadi bahan dalam penyusunan RPJMN dan RPJPN, selain itu menjadi transformasi berkaitan dengan infrastruktur, lahan, wilayah, pengetahuan, organisasi, SDM dan informasi” tambah Ervan.

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi menyambut baik dan berharap FIW menjadi wadah penyerap aspirasi daerah.

“Harapan baik dan optimis FIW ini diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi daerah termasuk NTB” Saut Ariadi.

Lalu Gita juga menyampaikan Lombok akan menjadi wilayah strategis dan memproleh fasilitas infrastruktur.

“Lombok akan menjadi wilayah yang strategis karena sebelah barat terdapat Selat Lombok yang merupakan ALKI II dan NTB melalui Bappenas mendapat berbagai fasilitas infrastruktur” tegas Lalu.

Forum Infrastruktur Wilayah Nusa Tenggara ini juga bertujuan untuk memperkuat keunggulan komparatif wilayah.

“infrastruktur menjadi kunci dalam pengembangan manusia dan wilayah,
Forum infrastruktur Wilayah untuk memperkuat keunggulan komparatif” tutup Ervan.

author avatar
Akbar F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *