Bawaslu dan Menpora Sepakat Bentuk Pusat Pendidikan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima kunjungan Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Abhan di ruang kerjanya, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (25/5).

Kedatangan Ketua Bawaslu dan rombongan ini untuk bersilaturahim sekaligus mengajak Kemenpora bersinergi dalam program prioritas nasional membentuk Pusat Pendidikan Pengawasan Pemilu Partisipatif yangmelibatkan organisasi kepemudaan (OKP) di bawah naungan Kemenpora.

“Kami (Bawaslu, red) meminta dan mengajak peran serta partisipasi OKP Kemenpora untuk terlibat berpartisipasi dalam Sekolah Kader Pengawas Pertisipatif (SKPP), guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan
pengawasan partisipatif dalam Pemilu dan Pemilihan,” kata Abhan.

Menurutnya, OKP yang bernaung di Kemenpora sangat banyak. Sehingga sangat perlu dilibatkan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam persiapan Pemilu. “Hasil pertemuan ini akan bdiformalkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dan tindaklanjuti dengan membentuk panitia kecil guna merumuskan naskah kerjasama kedua Institusi ini,” bebernya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik ajakan Bawaslu RI tersebut. Pasalnya, keterlibatan pemuda dalam pengawasan pemilu akan memperkuat proses demokrasi.

“Kami menyambut baik dan terbuka dengan apa yang disampaikan Bawaslu. Artinya, semakin banyak pemuda yang terlibat mengedukasi masyarakat, maka partisipasi Pemilih akan semakin masif dan kuat,” ujarnya.

Menpora Amali, menuturkan, pihak siap bersinergi dengan Bawaslu. Apalagi sebelumnya Kemenpora telah menandatangani kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) dalam menurunkan angka Stunting dan mencetak atlet berprestasi. “Kita akan segera formalkan bentuk kerjasamanya dan seperti apa teknisnya teman-teman Bawaslu yang siapkan. Nanti kami tinggal mewadahi saja, tentu ini menjadi kerjasama yang sangat bagus dan kami ucapkan terimakasih karena sudah dipercaya,” terangnya.

Diketahui, hadir dalam pertemuan anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, Fritz Edward Siregar, Rahmat Bagja dan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

author avatar
Akbar F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *