Pengumuman: Hasil Seleksi UMPTKIN 2022

Biuus.com, Jakarta- Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mengumumkan hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2022. 

Pengumuman dilakukan secara online, para peserta bisa melihat hasilnya melalui tautan https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/ mulai pukul 13.00 WIB dengan cara login sesuai akun registrasi saat mendaftar.

Ketua PMB PTKIN 2022, Imam Taufiq, menyatakan bahwa hasil seleksi UM-PTKIN 2022 diumumkan setelah panitia nasional menggelar sidang kelulusan bersama seluruh panitia lokal masing-masing PTKIN untuk membahas nilai hasil ujian masing-masing peserta.

Taufiq juga menjelaskan, prodi Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat nilai rerata tertinggi pada hasil seleksi tahun ini, dengan rerata nilai peserta dengan skor 606,0705.

Sedangkan prodi dengan daya saing tertinggi adalah prodi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, dengan jumlah peserta lulus sebanyak 46 orang dari total peminat sebanyak 1.711 orang.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga tercatat menjadi PTKIN dengan daya saing tertinggi. Di mana total jumlah pendaftar mencapai sebanyak 17.243 dan jumlah peserta lulus sebanyak 1.274. 

“Berdasarkan evaluasi hasil ujian dan didahului lewat sidang kelulusan, hari ini secara resmi kami sampaikan pengumuman kelulusan para peserta UM-PTKIN 2022,” ujar Imam Taufiq di Semarang, Kamis 30 Juni 2022 seperti dikutip dari Kemenag.

“Dari total 142.716 peserta yang mendaftar, Panitia Nasional menetapkan 63.717 peserta lulus seleksi jalur UM-PTKIN 2022,” sambungnya.

Berikutnya disusul UIN syarif Hidayatullah Jakarta dengan 18.125 pendaftar dan jumlah lulus 1.753 orang (Keketatan 10,34 persen) serta  UIN Alauddin Makassar dengan 17.570 pendaftar dan peserta lulus 1991 (Keketatan 8,82 persen).

Para peserta yang lulus, dapat merujuk ketentuan daftar ulang pada panitia lokal PMB di PTKIN masing-masing. Peserta yang belum lulus seleksi, disarankan mendaftar PTKIN melalui jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing kampus.

“Saya sampaikan selamat kepada para peserta UM-PTKIN yang lulus, setelah ini silahkan menindaklanjuti daftar ulang pada PTKIN masing-masing, dan bagi yang belum lulus, masih terbuka kesempatan kuliah di PTKIN lewat ujian jalur mandiri,” tambah Imam.

author avatar
Mahardika Arya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *