Menpora Dito Finalisasi Kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan hasil finalisasi kontingen SEA Games Kamboja 2023.

Meski baru dua minggu menjabat, Menpora Dito bersama KOI, KONI, dan Tim Review, berdasarkan Rapat Koordinasi Pembahasan Finalisasi Kontingen SEA Games Kamboja 2023, akhirnya menyepakati jumlah cabang olahraga (cabor) dan atlet yang akan diberangkatkan untuk bertandang di Kamboja.

“Alhamdulillah tepat dua minggu saya duduk resmi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Alhamdulillah hari ini kita sudah memberikan finalisasi dari review dan juga kesepakatan antara Kemenpora, KOI, KONI yang didasari oleh proses review yang sudah dilakukan. Jadi keputusan ini adalah keputusan bersama melalui perjalanan yang sangat panjang. Insyaallah ini yang terbaik untuk Indonesia dan merah putih,” jelas Menpora Dito saat memberikan keterangan pers di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (17/04/2023)

“Pada SEA Games 2023 Kamboja, untuk cabang olahraga yang kita ikuti sebanyak 31 cabang olahraga dan untuk atlet akan kita kirim sebanyak 599 atlet,” lanjutnya.

Menpora Dito juga menerangkan bahwa pada multi event di Kamboja kali ini, kontingen Indonesia menambah puluhan atlet untuk ikut diberangkatkan.

“Ini memang ada kenaikan hampir 100 atlet dibanding dengan SEA Games Hanoi. Jadi harus kita jelaskan bahwa untuk SEA Games Kamboja 2023 berbeda dengan (SEA Games) Hanoi karena di Hanoi cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan lebih banyak individu, sedangkan cabang olahraga individu yang kita pertandingkan di Hanoi (dan) mendapatkan medali emas, tidak dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2023. Dan juga diganti dengan cabang olahraga dan nomor olahraga beregu,” jelas Menpora Dito.

Dito juga menyebutkan bahwa cabor-cabor dan atlet yang dipertandingkan di SEA Games Kamboja namun tidak di SEA Games Hanoi terdiri cabor Hoki dengan jumlah atlet yang diutus sebanyak 38 orang, cabor Kriket 30 orang, dan cabor Water Polo sebanyak 26 orang.

“Jadi ini alasan kenaikan kontingen kita di atlet (yang berjumlah) hampir seratus,” terangnya.

Kendati terdapat perubahan dalam komposisi cabor pada SEA Games Kamboja 2023, Menpora Dito optimis kontingen Indonesia akan bertahan pada posisi prestasi sebelumnya.

“Saya optimis dan yakin, tadi sudah duduk dan diskusi bersama Presiden KOI dan Sekjen KONI mewakili Ketum KONI, bahwa peringkat kita minimal juara bertahan. Jadi dengan meningkatnya kontingen ini adalah strategi dan juga tantangan yang harus kontingen Indonesia lalui,” terang Menpora Dito optimis.

Turut mendampingi Menpora Dito Ariotedjo dalam konferensi pers, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, Presiden KOI Raja Sapta Oktohari, Sekjen KONI Ade Lukman, dan Ketua Tim Review Prof. Mochammad Asmawi. (Red/RH)

author avatar
Akbar F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *