Gali Potensi Masyarakat Pesisir, Kemenpora Gelar Pelatihan Pemuda Maritim

Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora) gelar Pelatihan pemuda maritim dalam memanfaatkan potensi sumber daya pesisir dan ketahanan bencana di Hotel Khas Semarang, Rabu 13 September 2023.

Kegiatan yang digelar Asdep Wawasan Pemuda Kemenpora  membahas pemberdayaan pemuda dengan sumber daya alam  dan masyarakat pesisir.

Hadir sebagai nara sumber di pembuka Ir. Lilik Harnadi, M.Di., M.Sc, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.

Praktisi Pemuda sekaligus Owner Batik Tulis Gemawang, Abdul Kholiq Fauzi mengatakan, pembahasan batik budaya tak benda asli Indonesia dan sampah mangrove bisa dijadikan sebagai bahan pewarna alam batik untuk semua jenis dan bagian magrove dijadikan bahan perwarna.

Sementara Dr. Dwijayanto Sarosa Putera, Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kemenpora RI,  mengatakan peran pemuda diharapkan mampu merangkul masyarakat khususnya pada kelompok rentan bencana untuk lebih dan tanggap saat terjadi bencana.

“Pelayanan kepemudaan melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi pemuda dalam memperluas kesempatan memperoleh pendidikan serta keterampilan dan penyiapan kader para pemuda yang tangguh dan berinovasi,” ujar Dwijayanto dalam paparannya.

Di tempat yang sama, Asdep Wawasan Pemuda Kemenpora, Mulyani Sri Suhartuti menambahkan, wawasan para pemuda peserta pelatihan dan dapat menginplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sejalan dengan peranan pemuda sebagai agent of change sebagaimana amanat UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

“Pemberdayaan pemuda di wilayah pesisir dan pembangunan kesadaran pemuda yang tanggap kebencanaan, kiranya menjadi isu penting dan harus terus digarap oleh stakeholder terkait sehingga pelayanan kepemudaan dapat beriringan selaras dengan kondisi wilayah kita sebagai negara maritim,” urainya.

“Mereka adalah generasi muda yang berperan mengembangkan potensi maritim melalui berbagai cara. Dalam UU Kepemudaan dinyatakan bahwa pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional, tentu akan bermanfaat untuk masa depan,” tutupnya. Selanjutnya dalam pemilihan ketua dan pembentukan pengurus Pemuda Maritim Jawa Tengah Tahun 2023, dari 9 nominasi  terpilih adalah Oliva Firdaus, mantan Putri Solo 2021 sebagai ketua Pemuda Maritim masa bhakti 2023-2026.

author avatar
Mahardika Arya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *