Apa itu VPN? Amankah untuk digunakan?

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Atau dengan kata lain VPN mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan internet, dan mengizinkan Anda untuk menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer. Jadi jika komputer (server) di negara yang berbeda, itu akan menjadi negara yang Anda gunakan ketika internet mencoba mengenai Anda melalui koneksi tersebut dan Anda dapat mengakses sesuatu yang tidak bisa Anda akses dari negara And

Lantas bagaimana cara kerja VPN?

Cara kerja VPN cukup sederhana, yaitu melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik. Selqin itu juga server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi ke situs yang ingin diakses. Jadi, koneksi yang dilakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

Jadi secara umum kesimpulannya cara kerjanya adalah ketika menggunakan jaringan tanpa VPN maka koneksi yang dilakukan secara langsung (direct) tanpa enkripsi. Sedangkan jika menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN.

Koneksi VPN  memang sudah menjadi standar yang digunakan ketika kita menggunakan internet. Tidak ada enkripsi dan semua data yang yang terlibat dalam proses pertukaran data antara Anda dan aplikasi yang di internet dapat saja dilihat oleh banyak orang.

Tidak masalah jika data yang diproses menggunakan VPN hanyalah data mengenai pencarian di Google, hiburan atau semacamnya. Namun, Ini akan menjadi masalah jika data yang diproses adalah perbankan online, email bisnis, atau apa pun yang sedikit lebih sensitif. Tentu saja ini akan menjadi cerita yang berbeda. Untuk melakukan serangan online, biasanya pada hacker menggunakan teknik serangan Man in The Middle (MITM).

Kemudian, bagaimana cara kerja VPN mengamankan data ketika melakukan pertukaran data di internet?

Ketika menggunakan VPN (biasanya menggunakan aplikasi), data Anda dienkripsi oleh aplikasi dan baru dikirimkan melalui ISP kemudian ke server VPN. Server VPN menjadi perangkat ketiga untuk menghubungkan Anda dengan situs atau layanan online. Ini akan dapat memecahkan masalah privasi dan keamanan data saat melakukan pertukaran data.

Selain itu ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan VPN, antara lain seperti melakukan remote access. Remote access mengizinkan kita mengakses internet menggunakan jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet. Kemudian manfaat berikutnya adalah ByPass yaitu menggunakan VPN dapat berfungsi melewati pembatasan geografi terhadap situs streaming atau video. Misalnya oleh pemerintah untuk mengakses situs yang dianggap membahayakan, dan lain sebagainya.

VPN juga bermanfaat sebagai pengamanan Data di Jaringan Publik seperti penukaran data menggunakan wifi kafe atau yang lainnya. Berikutnay VPN dapat mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim (tanpa nama), menyembunyikan lokasi Anda secara realtime ‘secara langsung’ sehingga tidak sembarangan orang dapat mengetahui lokasi Anda berada saat melakukan akses. Biasanya lokasi yang terdeteksi adalah lokasi server VPN Anda berada.kemudian Data Dienkripsi, saat memproses pertukaran data antara Anda dan web aplikasi online, data Anda di-enkripsi. Sehingga meskipun seseorang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi, bukan data mentah saja. Yang dimaksud dengan enkripsi Informasi Perangkat disini adalah seseorang tidak bisa dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan, atau apa yang Anda lakukan.Namun disisi lain, VPN juga memiliki kekurangan yaitu koneksi lebih lambat atau koneksi tidak stabil, Konfigurasi manual cukup rumit, Ada batasan penggunaan, keamanan terkadang menjadi perdebatan antara karyawan dengan perusahaan IT, juga keamanan menggunakan VPN masih terhalang dua faktor utama, yaitu batasan teknologi serta limitasi teknologi yang digunakan untuk mengembangan VPN, seperti tipe protokol dan enkripsi yang digunakan.oleh karena itu bisa dibilang tidak sepenuhnya menggunakan VPN itu aman. Namun, paling tidak menggunakan VPN akan lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi biasa.