by

Zainul Arifin Pemuda Asal Lumajang, Tularkan Inspirasi bagi Generasi Muda Milenial

Pemuda Lumajang kenalkan musik danglung sampai forum Internasional, pemuda kreatif yang dikenal mas Zainul sebagai pemuda kreatif bidang musik torehkan prestasi yang keren dan kece.

Prestasi dan kegiatan yang digeluti pas banget buat Inspirasi Pemuda Masa Kini.

Apa saja prestasi dan kesibukan Mas Zainul, yuk kita intip asal mua salanya.

Zainul Arifin merupakan putra pertama dari pasangan Kusnoyo dan Romlah Susiyanti, kehidupannya yang sangat sederhana membuat dia harus mandiri. 

Sikap kepemimpinan mulai tertanam sejak kecil berbagai prestasi mulai di torehkan sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar, saat SMP dia menjadi Ketua Pecinta Alam dan Wakil Ketua OSIS bahkan jabatan itu diteruskan saat SMK.

 Zainul dipercaya sebagai Wakil Ketua OSIS dan Ketua Koperasi Sekolah, tak hanya itu saat di SMP dan SMK ia mampu mengantarkan sekolahnya menoreh banyak prestasi mulai tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Kegigihan pemuda kreatif ini juga mampu membuat karya terus dilakukan sejak di terjun di masyarakat dia menjadi Trainer Outbound dan Motivator yang memberikan inspirasi bagi pemuda lainnya.

Mas Zai banyak membina lembaga sekolah mulai dari kabupaten Lumajang, hingga di beberapa wilayah Jawa Timur.

Tidak hanya di Jawa Timur, ia juga mampu melebarkan sayap Hingga Bali dan Sumatra. 

Selain di menggeluti dunia pendidikan dia juga aktif dalam Organisasi Gerakan Pramuka hingga menjadi utusan Jawa Timur di Nasional dalam Saka Bahkti Husada.

Pemuda yang berlatang belakang sarjana pendidikan ini juga pernah membawa Nama Indonesia di Ajang International dalam satuan Komunitas di Thailand. 

Sejalan dengan itu di Usia Mudanya Zainul mencetuskan sebuah organisasi anak muda dengan Nama CIO Indonesian Development yang bergerak di bidang Pendidikan Outbound, Human Development/pengembangan Kemanusiaan dan pelestarian Seni Budaya. 

Semua aktivitas ia jalankan bersama anggotanya, lebih darik 50.000orangyang merasakan dampak dari metode pembinaanmelalui organisasi tersebut. 

Beberapa karya dan prestasi ia torehkan diantaranya :

  1. Penghubung Kerjasama budaya antara Kabupaten Lumajang dengan Bali ( utamanya dengan Kerajaan Ubud )
  2. Pencetus Kegiatan Festival Jaran Slining Kabupaten Lumajang
  3. Pencetus Semeru Agung Festival tingkat Jawa Timur dan Bali
  4. Sunday Real Adventure ( kegiatan pengenalan Potensi Lumajang)
  5. Pencetus kegiatan kemah wisata bagi para duta-duta se-Jawa Bali
  6. Pencetus beberapa kegiatan kepemudaan, kesenian di Lumajang

Semua karyanya didasarkan pada pengembangan, pelestarian dan pemberdayaan masyarakat. 

Zainul juga sebagai tokoh Pemuda di wilayahnya sebagai pelopor dan penggerak kegiatan masyarakat. Tak hanya itu, kelihaiannya dalam komunikasi dia selalu bekerjasama dengan kelompok masyarakat bahkan kelompok-kelompok keagamaan baik di Lumajang maupun di Luar Kabupaten Lumajang, tak heran kalau ia selalu menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan salah satu Raja di Bali untuk terus mencetuskan inovasi kegiatanbahkan dengan beberapa wilayah di Bali. 

Saat tim biuus.com tanyakan tentang kegiatan seni budaya antar agama, dia menjawab “saya merasakan sesungguhnya kebesaran Indonesia dengan saling menghargai dan menyatu dalam Kebhinekaan”.

Seperti saat ia menjadi Pemateri di Kegiatan Kapital / Forum Suster Konggergasi SPM tingkat International.

Zainul juga hadir sebagai pemuda yang memberikan konstribusi positif diantaranya : bidang Kesehatan, Pendidikan, Seni Budaya, Kerukunan Antar Umat Beragama, Pariwisata, Sosial hingga menjadi Ketua Forum Pegiat Anti Narkoba di kabupaten Lumajang.

Bahkan, Mas Je merupakan satu-satunya tokoh pemuda di Jawa Timur pada tahun 2017 dan 2018 yang mendapatkan penghargaan dari BNN sebagai  Tokoh yang berperan serta dalam Pembinaan, Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara swadaya . 

Pada tahun 2017, ia juga berperan sebagai agent perubahan sebagai Duta Pemuda Kreatif Tahun 2017, yang menjadi penggerak pemuda bidang musik serta menyebarkan kreativitas kepada pemuda.

Tak heran berbagai penghargaan bergengsi baik level Regional dan Nasional, Mantul jika kita belajar dari pemuda ini. 

Semoga mampu menginspirasi dan salam biuus kreatif, Biuus Positif sebagai Inspirasi Pemuda Masa Kini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed