by

DKI Jakarta : Ternyata Punya Pantai dan Pulau yang Wajib Dikunjungi

Siapa bilang kalau DKI Jakarta tidak punya Pulau, atau pantai yang mempesona, ternya Pesona alam bahari Indonesia ada di Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan di bagian utara teluk Jakarta, memang tidak sepopuler pulau-pulau indah lainnya di Nusantara, namun siapa kira Kepulauan Seribu Menyajikan Pesona alam yang indah sampai mata terasa tak mau terpejam. Mari kita intip bagaimana Pulau Seribu yang menjadi bagian dari Ibu Kota Jakarta.

Sejak ditetapkan menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nsional (KSPN) pada tahun 2015, pemerintah berusaha memenuhi segala kebutuhan akomodasi wisatawan untuk mencapai Kepulauan Seribu. Diantaranya wisatawan dapat memilih jalur keberangkat diberbagai pelabuhan seperti, Kaliadem, Sunda Kelapa dan Marina Ancol.

Meski namanya adalah Kepulauan Seribu, tetapi jumlah pulaunya tidak mencapai seribu, namun berjumlah 110 pulau. 20 diantaranya merupakan pulau yang berpenghuni.

Terdapat juga pulau yang dikhususkan untuk konservasi, pulau sejarah dan pulau resort yang tak klaag indah nya.

Penduduk lokal disana berasal dari percampuran berbagai budaya seperti Betawi, Bugis, Banten dan Dayak. Wajar saja jika budaya disana sedikit berbeda dengan budaya Betawi yang kita kenal di Jakarta. 

Destinasi yang dapat dipilih pun beragam, seperti wisata sejarah yang dapat anda lakukan dengan one day trip ke pulau Ondust, Kelor dan Cipir. Pulau-pulau tersebut menyimpan bangunan-bangunan tua yang bersejarah.

Baca Juga : Uniknya Alun-alun Kabupaten Semarang, Dongkrak Kuliner Lokal

Liburan ke Pulauan Seribu tidak hanya menikmati keindahan bawah laut dan monument bersejarah, tetapi Pulau yang dihuni oleh warga atau penduduk lokal seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Pari menjadi pilihan banyak wisatawan yang berkunjung bahkan sampai menginap berhari-hari hanya untuk menikmati keindahan pulau dan keheningan yang jauh dari bisingnya Kota Jakarta.

Pengunjung yang berlibur di pulau-pulau yang berpenghuni bisa bersepeda tau berjalan kaki, sambil melihat lebih dekat kehidupan masayarakat lokal dan adat budaya setempat.

Menarik nya, destinasi cagar alam yang terletak di Pulau Rambut merupakan salah satu tempat konservasi burung Elang Bondol yang hampir punah.

Jika anda sedang berlibur di Kepulauan Seribu, rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba olahraga air nya, seperti snorkling, jet ski dan diving, atau mencoba naik banana boat bersama teman dan keluarga. Happy holliday Sobat Biuus.com.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed