oleh

Wapres Ma’ruf Amin Sebut Atlet Disabilitas Inspirasi untuk Bangsa

Biuus.com, Jayapura  –  Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) KH. Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan apresiasi dan terimakasih kepada kontingen Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang akan berlaga dalam multi event disabilitas nasional yang digelar 2-15 November 2021. 

“Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara. Sauadara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah, tularkan jiwa yang tidak pernah takut gagal, sukses menanti kalian semua. Saudara harus mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan, raihlah prestasi yang melampaui cita-citamu. Hambatan tidak boleh menghalangi cita-cita meraih prestasi,” ucap Ma’ruf Amin saat membuka secara resmi Peparnas XVI Papua 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (5/11) malam WIT. 

Ma’ruf Amin juga mengajak seluruh atlet dan masyarakat untuk membangun sportivitas yang tinggi dalam meraih prestasi, 

“Ayo bangkit, satukan tekad, raihlah kemenangan di tanah Papua. Mari kita teriakan Torang Bisa,” ajaknya. 

Pada kesempatan ini, Wapres turut menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, Gubernur Papua dan Ketua NPC Indonesia yang telah menyiapkan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. 

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Ketua Umum NPC Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus dan seluruh pihak yang telah bekerja keras membantu PB Peparnas XVI untuk mempersiapkan pelaksanaan Peparnas ini,” kata Ma’ruf Amin. 

Baca juga : Wapres Ma’ruf Amin Yakin akan Sukses Seperti PON XX

Menurut Ma’ruf Amin, meskipun banyak tantangan, namun berkat dukungan semua pihak terutama masyarakat Papua sehingga persiapan Peparnas XVI dapat berjalan dengan baik. 

“Berkat dukungan seluruh masyarakat Papua yang saya cintai, masyarakat Papua yang sa sayang, telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan dan sarana pendukung sesuai dengan standar pertandingan Pekan Paralimpik Nasional, ” ujarnya. 

Upacara pembukaan Peparnas XVI Papua diisi dengan rangkaian acara dengan menghadirkan artis-artis nasional seperti Anggun, Edo Kondologit, Nowela, Putri Ariani. 

Selain itu, diisi dengan pertunjukan tari antara lain Tarian Rumah Tradisonal Papua, Traian Sampan, Tarian Prajurit, Burung Cendrawasih, dan Papua Bisa. 

Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Peparnas XVI diiringi lagu Sang Patriot, pertunjukan Tambur dan Marching Band, pertunjukan Maskot Hara dan Wara serya defile kontingen atlet 33 provinsi yang dimulai dengan Aceh dan diakhiri dengan tuan rumah Papua. 

Hadir dalam acara ini, para Duta Besar, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Kepala Daerah, Ketua NPC Indonedia serta kontingen atlet Peparnas XVI dari 33 Provinsi. 

Peparnas XVI Papua 2021 digelar mulai tanggal 2-15 November 2021. Ajang olahraga nasional utama bagi penyandang disabilitas ini akan berlangsung di Kota dan Kabupaten Jayapura. Peparnas XVI Papua akan mempertandingkan 12 cabang olahraga. Sekitar 1.985 atlet dari 33 Provinsi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed