oleh

Wagub Jabar: DBON Salah Satu Impian Bangsa Menuju Indonesia Maju

Biuus.com, Bandung  –  Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyatakan pihaknya mendukung hadirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON. Ia menyebut, desain tersebut salah satu impian bangsa menuju Indonesia maju.

“DBON telah ditetapkan dalam Perpres Nomor 86 Tahun 2021. Ini merupakan salah satu impian bangsa menuju Indonesia maju,” kata Wagub Uu dalam sambutannya dalam sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional di Hotel Pullman, Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021). 

Uu sepakat, seluruh stakeholder terkait harus berkolaborasi dan sinergi agar DBON ini bisa sukses dan tercapai target-targetnya. Apalagi dalam dokumen rancangan induk itu telah menetapkan 14 cabang olahraga unggulan yang ditargetkan meraih medali pada Olimpiade dan Paralimpiade. 

“Sikap Pemprov Jawa Barat ini sejalan dan searah dengan pemerintah pusat. Jawa Barat sudah jauh menatap kedepan. Bukan hanya mengejar prestasi pada level SEA Games maupun Asian Games, tetapi sudah berorientasi pada Olimpiade dan Paralimpiade. Ajang regional hanya menjadi sasaran antara,” ucapnya. 

Baca juga : Menpora Zainudin Amali Tekankan Pentingnya Kolaborasi untuk DBON

Lebih lanjut, Uu menerangkan cabang olahraga prioritas dan non prioritas telah dipersiapkan secara menyeluruh dari hulu hingga hilir. Dipersiapkan pula mulai dari target, sasaran, hingga sarana dan prasarananya termasuk didalamnya penerapan sport science. 

“Jawa Barat saat ini menjadi tulang punggung dan penyokong atlet terbanyak untuk Indonesia. Dapat kita lihat dari Olimpiade Tokyo, sebanyak enam atlet berasal dari Jawa Barat dan mampu memberikan kontribusi medali,” terangnya. 

Tak hanya Olimpiade, hal serupa juga terjadi pada Paralimpide Tokyo. Jawa Barat lagi-lagi berkontribusi dengan mengirimkan atletnya serta meraih medali. Selanjutnya, pada ajang PON Papua, atlet Jawa Barat berhasil menjadi juara umum. Sedangkan pada Peparnas Papua, Jawa Barat berhasil duduk diurutan kedua. 

“Semua ini tentu merupakan bagian dari Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON. DBON harus tetap berjalan dengan baik di Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik hadirnya Perpres tentang DBON tersebut,” ucap Uu.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Solehuddin juga menyampaikan hal yang sama. Ia menyatakan siap menjadi mitra dalam mendukung suksesnya DBON. 

“Kita memiliki gedung olahraga. Mempunyai sumber daya manusia yang profesional. Kita juga memiliki laboratorium sport science. Kita harap DBON ini jadi pedoman kita bersama sehingga berjalan efektif, efisien, serta untuk meningkatkan kebugaran jasmani,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed