oleh

Timnas U-23 Kalah Dari Thailand, Menpora Amali: Apresiasi Perjuangan Pemain Sudah Luar Biasa

Biuus.com, Vietnam – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali tetap memberikan semangat kepada punggawa Timnas U-23 setelah kalah 0-1 dari Thailand dan dipastikan gagal ke final cabor sepakbola SEA Games 2021 Vietnam. 

Hal itu disampaikan Menpora Amali kepada rekan media usai pertandingan di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022) sore. Menurutnya perjuangan para pemain sudah luar biasa. Bahkan hingga 90 menit waktu normal, punggawa Indonesia bisa menahan imbang 0-0 tanpa gol. 

“Saya melihat perjuangan para pemain sangat luar biasa, inilah hasil yang harus kita terima. Seperti yang dikatakan pelatih Shin Tae-yong bahwa, pemain sudah memberikan permainan terbaiknya akhir pertandingan,” kata Menpora Amali.

“Saya minta pemain tetap semangat dan lupakan kekalahan. Karena masih ada satu pertandingan lagi untuk memperebutkan peringkat tiga,” kata Menpora. 

Timnas  sejatinya mampu tampil dominan di babak pertama. Peluang terbaik didapat Marc Klok lewat tendangan bebas pada awal babak pertama dan tendangan pojoknya yang mengenai mistar sebelum turun minum.

Selain itu ada juga tandukan dari bek Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho yang masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand pada pertengahan laga. Tapi tak ada gol yang tercipta di babak pertama.

Di babak kedua Thailand coba mengambil inisiatif menyerang sejak menit pertama. Meski demikian Indonesia juga mampu memberikan tekanan pada Thailand.

Baca juga: Menpora Amali DBON Nantinya Akan Jadi Pedoman Pembinaan Atlet Berprestasi

Namun hingga pertandingan babak kedua berakhir tak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim. Pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan (2×15 menit).

Thailand langsung menekan sejak menit awal babak tambahan. Tendangan keras Worachit masih bisa diselamatkan Ernando di menit ke-91.

Pada menit ke-96 Timnas Indonesia U-23 lebih dulu tertinggal. Mendapat umpan dari Ben Davis, Weerathep Pompun lebih dulu mengontrol bola sambil membalikkan badan sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang bersarang di gawang Indonesia.

Thailand mampu mempertahankan keunggulan 1-0 atas Indonesia hingga pertandingan babak tambahan pertama berakhir. 

Di babak kedua tambahan waktu pertandingan berlangsung ketat. Banyak benturan yang terjadi hingga hujan kartu yang tak terhindarkan.

Pemain Thailand William Gabriel Widersjoe mendapatkan kartu merah pada menit ke-198.

Kemudian tiga pemain Indonesia juga mendapatkan kartu merah yaitu Firza Andhika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Bahkan pelatih Thailand Mano Polkung juga mendapatkan kartu kuning.

Namun kedua tim tak mampu mencetak gol hingga laga berakhir. Pertandingan pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Thailand.

Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke final SEA Games 2021. Meski demikian Indonesia masih akan bermain di perebutan medali perunggu pada Minggu (22/5/2022) melawan Malaysia.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.