oleh

Terinspirasi Burung Kasuari, Hara dan Wara Jadi Maskot Peparnas XVI Papua 2021

Biuus.com, Jakarta  –  Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 pada 2-15 November 2021 siap digelar di Provinsi Papua. Ajang olahraga nasional utama bagi penyandang disabilitas ini akan berlangsung di Kota/Kabupaten Jayapura. 

Peparnas kali ini mengusung Hara dan Wara sebagai maskot Peparnas XVI Papua 2021. Maskot tersebut terinspirasi dari burung kasuari yang terdiri dari jantan dan betina. Burung Kasuari melambangkan keunikan satwa pegunungan di Pulau Papua. 

Selain itu, burung kasuari disebut mencerminkan motivasi hidup pantang menyerah dalam situasi apa pun, bertanggung jawab, mandiri, dan kecepatan untuk merespons setiap peluang dan kesempatan. 

Baca juga : Rombongan Besar Atlet Peparnas XVI Mulai Tiba di Papua

Hara dan Wara digambarkan mengenakan seragam dengan motif angka 16. Ini mencerminkan pelaksanaan Peparnas yang digelar untuk ke-16 kalinya. Lalu, maskot tersebut memakai noken yang menjadi ciri khas budaya masyarakat Papua, mengandung nilai ekonomi dan sosial kemasyarakatan. 

Tak hanya maskot, unsur-unsur budaya lokal seperti rumah adat honai dan alat musik pukul tifa ikut mewarnai simbol-simbol Peparnas 2021. “Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi” menjadi tema sentral Peparnas Papua. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed