by

Tari Seka Massal Bersama Kemenpora, Festival Kreativitas Pemuda

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda – Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda bersama Pemerintah Kabupaten Mimika menggelar Kegiatan Festival Kreativitas Tari Seka Massal dan Budaya Timika 2019di Alun-alun Kabupaten Mimika, 22- 23 Juli 2019.

Kegiatan dihadiri oleh Pemuda, Pelajar, Masyarakat, dan ASN di Pemkab Mimika yang berjumlah sekitar 1500 sampai 2000 orang.

Kegiatn Festival ini bertujuan untuk:
(1) Menumbuhkembangkan dan mendorong kearifan lokal terutama terutama tarian seka di masyarakat agar tidak tergerus jaman serta tidak melupakan salah satu budaya tarian asli nya.

(2) Membudayakan kebiasaan berolahraga di masyarakat yang diharapkan akan lahirnya para pelajar dan pemuda yang berprestasi bidang olahraga.

(3)ajang kreativitas bagi pemuda sebagai salahsatu mata rantai pergaulan kehidupan yang berbudaya, menciptakan hubungan kerjasama dikalangan pemuda di Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua.

(4) meningkatkan dan mengembangkan apreasiasi seni dan budaya dikalangan pemuda untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing budayabangsa.

Kegiatan Festival Kreativitas Pemuda “Tari Seka Massal Timika” yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Mimika diantaranya:

  1. Festival Tari Seka Biasa
  2. Festival Tari Seka Besar
  3. Festival Tari Seka Perang
  4. Festival Tari Seka Kontemporer
  5. Bazar Kuliner, Kriya dan Grafika Tradisional
  6. Hiburan Musik Dangdut oleh Artis Lokal/Ibukota
  7. Tari Seka Massal bersama Menpora

Festival Kreativitas Pemuda “Tari Seka Massal” ini dimeriahkan artis ibu kota Indri KDI dan Digul Band untuk menghibur dan menyebarkan virus kreatif di bidang music.

Pelaksanaan Tari Seka Massal ini juga diikuti oleh kelompok dan perseorangan, selanjutnya diumumkan pada sore hari sekaligus diberikan penghargaan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan diserahkan Oleh Imam Nahrawi selaku Menpora Ri.

Provinsi Papua sangat kaya akan kreativitas terutama dibidang seni tari, seni musik, kriya, Grafika, dll, sehingga tepat rasanya Kemenpora memilih Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika sebagai lokasi Festival Kreativitas Tari Seka dan Budaya Timika ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Papua, khususnya warga Kabupaten Mimika yang selalu memelihara dan mengembangkan budaya daerahnya untuk membangun kesatuan dan persatuan antar warga.

Pelaksanaan Festival Tari Seka ini diharapkan dapat melestarikan seni dan budaya tradisional asli milik masyarakat Papua, menumbuhkan minat pemuda khususnya pemuda Papua dalammengembangkan kreativitas Tari Seka yang mereka miliki untuk  tidak hanya sebagai aset milik Papua, tetapi juga sebagai aset Indonesia yang bisa dikembangkan menjadi atraksi dalam agenda wisata yang bisa mendatangkan wisatawan baik lokal maupun luar negeri.Selain di Provinsi Papuaini, Kemenpora  juga telah menggelar festival serupa di Provinsi Lampung, Jawa Tengahdan akan menggelar juga di 5 (lima)provinsi lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed