oleh

Sekjen Forwacana UNJ Dukung Siti Divinubun Jadi Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi

Biuus.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (Forwacana UNJ), Rahmat Hidayat mendukung Siti Divinubun menjadi Tim Seleksi Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi.

Rahmat Hidayat menyampaikan dukungan tersebut karena menganggap bahwa secara totalitas Siti Divinubun memang layak berada pada posisi tersebut.

“Dengan segudang pengalaman yang Bu Siti (panggilan akrab Siti Divinubun) miliki, mulai saat menjadi mahasiswa hingga hari menjadi tenaga pendidik di kampus Unpatti, saya rasa kompetensi beliau dari sisi keilmuan, advokasi, networking, pelayanan, dan masih banyak yang lain, sudah lebih dari cukup untuk memantaskan beliau berada di posisi tersebut,” kata Rahmat saat memberikan pernyataan pada media miindonews.co.id, di Rawasari, Jakarta, Senin (16/05/2022).

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Tindak Lanjut Arahan Presiden Tentang DBON, Jadikan Olahraga Program Wajib

Divinubun menurut Sekjen Forwacana UNJ itu memiliki pengaruh publik yang baik. Hal tersebut disampaikannya karena Divinubun pasca menyelesaikan pendidikan doktoralnya beberapa bulan lalu mampu memberikan beberapa perubahan yang positif di kampus tempatnya mengabdi.

“Sepengetahuan saya Bu Siti itu belum lama selesai studinya, tapi sejak Bu Siti kembali ke kampus Unpatti di Ambon, beliau dalam beberapa kesempatan saat dipercayakan pimpinan justru dapat menyelesaikan beberapa permasalahan pelayanan yang terjadi di Unpatti saat yang lain tidak tahu harus berbuat apa,” beber Rahmat.

“Proses adaptasi yang cepat semacam itu saya rasa dapat menjadi penilaian kita bersama bahwa figur seperti Bu Siti ini selain bertanggungjawab, beliau juga memiliki integritas dan keahlian mumpuni karena dibentuk oleh pengalaman yang tentu jarang orang lain miliki,” tambah Rahmat.

Selain itu, Rahmat juga menekankan bahwa sosok perempuan seperti Siti Divinubun yang hendak terlibat di posisi jabatan publik seperti lembaga Bawaslu menjadi sesuatu yang sangat perlu diapresiasi.

“Menurut saya banyak perempuan hebat di luar sana yang juga ingin ada di posisi Timsel calon anggota Bawaslu ini, tapi kan di antara semua itu hanya beberapa saja yang memiliki kompetensi dan kelayakan mengemban posisi itu. Nah, sosok yang aktif seperti Bu Siti ini harusnya kita dukung, bahkan sudah sepatutnya juga kita berikan kesempatan untuk mengisi posisi Timsel itu,” terangnya.

Bias gender yang hingga kini masih sering jadi buah pembicaraan di publik, dengan legitimasi Divinubun di lembaga Bawaslu nanti menurut Rahmat akan menepis pemikiran-pemikiran tradisional.

“Sebagai masyarakat, kita akan dinilai tertinggal jika pemikiran tentang keadilan gender itu selalu kita bicarakan tanpa kita aktualisasikan. Dan pemerintah di masa yang sekarang ini, saya menilai sangat terbuka dengan peranan perempuan di ranah publik. Itu yang mestinya kita rawat,” kata Rahmat.

Berdasarkan Pengumuman Bawaslu RI Nomor : 0008/HK.01.01/SJ/05/2022 tertanggal 14 Mei 2022, diketahui saat ini Bawaslu RI tengah melakukan uji publik pada calon anggota Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi di 25 Provinsi Masa Jabatan 2022-2027.

Uji publik yang dilakukan Bawaslu RI dalam proses ini adalah dengan meminta tanggapan dan masukan masyarakat terhadap sejumlah nama Calon Anggota Tim Seleksi. Tanggapan dan masukan tersebut ditujukan kepada Sekretariat Bawaslu RI (Biro SDM dan Umum) disertai dengan identitas yang jelas (Identitas pelapor akan dirahasiakan) dan dikirim ke email tanggapan.timseleksi2022@bawaslu.go.id atau dapat dikirim langsung melalui pos kilat khusus ke kantor Bawaslu Republik Indonesia dengan alamat Jl. M.H Thamrin No 14 Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta. Masukan dan tanggapan masyarakat akan diterima sekretariat sampai dengan Hari Senin Tanggal 16 Mei 2022 Pukul 16.00 WIB.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.