by

Sejarah Perkembangan Desain

Apa itu desain grafis?

Desain grafis adalah disiplin seni visual kreatif yang mencakup banyak bidang. 

Ini termasuk bagan dari seni, tipografi, tata letak, teknologi informasi dan aspek kreatif lainnya. 

Keragaman seni dan desain ini bahwa ada bagian implementasi untuk praktik desain di mana  seorang desainer dapat mengkhususkan atau fokus dengan seni kreatif.

Sejarah Desain Grafis!

Desain grafis dikembangkan dari industri percetakan dan penerbitan, dengan istilah “desain grafi’ pertama kali digunakan pada 1950-an. 

Pada saat itu ada perubahan yang jelas dalam berbagai tahapan proses produksi cetak, para profesional dan spesialis desainer masing-masing melakukan perdagangan. 

Tahap-tahap ini melibatkan printer, scanner, reproduksi foto, desain grafis, huruf, konsumen cetak, film, korektor dan manajer produksi.

Ekonomi yang muncul di dunia barat setelah perang dunia kedua membawa kemunculan perubahan kemasan-kemasan yang corak warna cerah dan menarik ketika persaingan antar produk meningkat. 

Jumlah majalah juga mulai meningkat, menghasilkan permintaan yang lebih besar untuk desain yang menarik secara visual.

Ini bertepatan dengan perkembangan dalam teknologi cetak dan membuka kemungkinan produksi baru yang menempatkan desainer dengan baik untuk mengambil keuntungan dari itu. Keberhasilan desain grafis membantu membuatnya menjadi lebih mudah dan diperlukan pasar.

Ketika kekuatan komunikasi visual yang penuh warna menjadi dihargai secara luas, desain grafis tumbuh dari kebutuhan untuk menyediakan komunikasi visual ke dunia konsumen dan menyebar ke berbagai sektor ekonomi, sambil terus memanfaatkan perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan.

Perkembangan teknologi, khususnya di era digital, telah merevolusi dan merasionalisasi proses produksi cetak. 

Perdagangan seperti penyusunan dan persiapan karya seni menjadi tertinggal, karena sekarang dapat dilakukan oleh seorang desainer. 

Akibatnya, desain grafis berkembang menjadi peran multifungsi yang melihat perancang memainkan peran penting dalam proses produksi. 

Ini menuntut fleksibilitas yang hebat dan kebutuhan untuk berkomunikasi secara efektif dengan banyak profesional yang berbeda. 

Di masa lalu, desainer akan melakukan semua aspek pekerjaan dari generasi ide ke tipe gambar tangan untuk judul dan tata letak.

Desain grafis pun semakin berkembang, dari hanya produksi gambar sampai ke perkembangan dunia digital dengan video.

Selain itu, desain grafis saat ini bisa dilakukan oleh orang biasa, dengan bantuan telephon genggam yang memudahkan setiap orang berekspresi dengan mudah dan cepat.

Itulah sejarah singkat desain grafis dan kemajuan teknologi dan kebutuhan yang dinamis sesuai perkembangan jaman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed