by

Ratusan Anggota Baru Saka Wira Kartika Se-Dompu Gelar Kemah Bersama

DOMPU, biuus.com – Ratusan pelajar SMA sederajat yang tergabung menjadi anggota baru Satuan Karya (Saka) Wira Kartika angkatan 10 tahun 2019, menggelar kemah bersama dimarkas Kodim 1614/Dompu.

Kegiatan ini dibuka Kasdim 1614/Dompu Mayor Czi Edi Gustman, pada Jum’at sore dan akan berahir Minggu pagi. Hadir dalam pembukaan Ketua Pramuka Saka Wirasakti Cabang Dompu Nanang Kurniawan S.Pd Ketua Dewan Kerja Cabang Dompu Sahrul dan Sekretaris Dewan Kerja Cabang Dompu Dwi Rahmatullah.

Ketua Panitia Femas Ardiansyah mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari 18-20 Oktober dengan jumlah peserta 339 orang. “Pesertanya terdiri dari pelajar SMA sederjad dan guru pembina masing-masing sekolah,” katanya .

Menurutnya, selama mengikuti kegiatan  peserta akan diisi dengan berbagai kegiatan dan pemberian materi. “Peserta akan mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari giat malam, penjelajahan, bongkar pasang senjata, refling, turun naik tebing, rayap tali satu dan naik jaring laba-laba,” ungkapnya.

Selain itu, kata Ardiansyah semua peserta akan melewati tantangan menjelajah kawasan hutan dengan menggunakan kompas dan peta arah mata angin sesuai arah bidikan yang diberikan panitia. “Kegiatan ini tujuannya untuk membina kejiwaan dan mental serta fisik siswa secara militer. Agar mereka bisa menjadi pelajar yang disiplin, bertanggung jawab dan terampil,” tandasnya.

Dia menjelaskan, setiap pelajar yang tergabung dalam Saka Wira Kartika, ketika mengikuti tes TNI dan Polri mereka sudah tidak kaget lagi apalagi mereka nanti dimantapkan pembelajaran terkait PBB. 

“Semoga mereka nanti bisa terpenuhi cita-citanya baik yang menjadi TNI maupun Polri. Juga bagi semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut akan diberikan piagam penghargaan yang nantinya bisa dilaporkan saat  mereka mengikuti tes TNI-Polri,” tegasnya.

Sementara itu, Kasdim 1614/Dompu Mayor Czi Edi Gustaman saat memberi arahan serta motivasi terhadap peserta untuk terus semangat dalam belajar. “Disini kalian akan ditempa ilmu dan jiwa korsa dan dasar-dasar militer. Dan, saat pulang nanti kalian tahu apa sih isi Saka Wira Kartika,” cetuanya dihadapan ratusan peserta kemah bersama ini.

“Kalian akan banyak tahu dan mengerti bagaimana pentingnya disiplin, bertanggung jawab dan patriotisme,” sambungnya.

Menurutnya,  tujuan utama dalam kegiatan tersebut adalah untuk membentuk peserta untuk lebih baik lagi dan dapat berguna bagi bangsa dan bernegara. “Intinya kami ingin membentuk kalian menjadi generasi muda yang bermanfaat dan bermartabat berilmu kepribadian yang baik sehingga kedepan kalian menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dimasa yang akan datang,” imbuhnya.  (ady)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed