oleh

PKPI 2022 Menjadi Stimulus Pemuda Kreatif Gorontalo

Gorontalo – Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (PKPI) 2022 dibuka secara resmi oleh PJ. Gubernur Gorontalo Dr. Hamka Hendra Noer, M.Si.,Ph.D di lapangan Taruna Gorontalo Rabu malam (5/10).

Hadir juga Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI Prof.Dr. Faisal Abdullah, SH.,M.Si.,DFM, Anggota Komisi X DPR RI Elnino M. Husein Mohi,ST.,M.Si Forkopimda Gorontalo serta Pemerintah Daerah dari 34 Provinsi.

Hamka selaku PJ Gubernur menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas terselenggaranya PKPI 2022 di Provinsi Gorontalo.

“Terimakasih dan apresiasi kepada Kemenpora dan semua pihak yang yang telah menyelenggarakan kegiatan PKPI ini, semoga menjadi stimulus untuk meningkatkan kreativitas pemuda di Gorontalo” Jelas Hamka saat memberikan sambutan.

Selain itu, ia juga menyampaikan kegiatan PKPI diharapkan mampu memperkenalkan kreativitas pemuda Gorontalo di kancah nasional dan internasional.

“semoga PKPI 2022 mampu meningkatkan dan memperkenalkan kreativitas pemuda Gorontalo di tingkat nasional bahkan internasional. Karena PKPI ini menjadi stimulus untuk pemuda semakin kreatif dan membangun jejaring karena ada peserta dari 34 provinsi” tegas nya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI Prof.Dr. Faisal Abdullah, SH.,M.Si.,DFM menyampaikan perlunya meningkatkan kreativitas melalui pemberdayaan pemuda.

“PKPI 2022 merupakan ajang pemberdayaan kreativitas pemuda Indonesia agar lebih berkembang, berdaya saing serta memiliki nilai ekonomi dalam upaya peningkatan Index Pembangunan Pemuda (IPP) dengan tema kegiatan “Meningkatkan semangat pemuda untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” jelasnya.


kegiatan PKPI 2022 akan dilaksankan pada tanggal 5 – 10 Oktober 2022 di Lapangan Taruna Gorontalo, diikuti 202 peserta dari 34 Provinsi; 


Para peserta akan menampilkan kreativitas dalam lomba berbagai bidang kreatif seperti Lomba Musik vocalia antar Provinsi, Lomba Kuliner antar Provinsi, Lomba Fashion antar Provinsi, Lomba Kriya antar Provinsi, Lomba Film (video pendek) antar Provinsi.

Selain itu,
digelar lomba yang diikuti para Pemuda di Provinsi Gorontalo dengan kategori Lomba Grafika (desain kaos), IT Hardware (Robotik), IT Software (aplikasi digital) 


Seblum acara pembukaan digelar parade sekaligus lomba berbagai karya dan budaya mulai Depan Kodim 1304, berakhir di Lapangan Taruna Gorontalo. 

Kegiatan parade pemuda kreatif dimeriahkan dengan penampilan Marching Band POLDA Gorontalo, Karnaval Karawo Modern, Parade Pakaian Adat Nusantara 34 Provinsi, Parade dan Lomba Marching Band komunitas, Parade dan Lomba OKP Gorontalo, Parade dan Lomba Bentor Hias.

Menurut informasi, seluruh peserta dari 34 Provinsi sudah hadir dikota Gorontalo beserta para pendamping dan Pejabat terkait dari daerah masing-masing.


Selain event utama tersebut para peserta dan pendamping dari 34 Provinsi, setiap harinya akan mengikuti City Tour ke beberapa destinasi wisata dan industri di Kota Gorontalo dan sekitarnya diantaranya Rumah adat Bandayo Poboide, Benteng Otanaha dan Benteng Ulantha, sentra kue karawo tanggilingo dan lokasi lainnya, dalam upaya promosi dan peningkatan pariwisata di Gorontalo. 

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.