oleh

Peparnas XVI Dibuka Wapres Ma’ruf Amin, Ditutup Presiden Jokowi

Biuus.com, Jayapura  –  Ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 resmi pada Jum’at (5/11/2021) di Stadion Mandala, Jayapura. Setelah dibuka, pesta olahraga bagi atlet disabilitas itu langsung mencetak sejarah, pasalnya baru kali ini Peparnas dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan akan ditutup oleh Presiden Joko Widodo.

Dibukanya Peparnas XVI Papua 2021 oleh Wapres Ma’ruf Amin bukannya tanpa alasan, namun lantaran Presiden Joko Widodo tengah menjalani karantina di Istana Bogor sesuai protokol kesehatan yang berlaku, usai melakoni lawatan ke tiga negara dan baru tiba di Tanah Air bertepatan dengan pembukaan Peparnas.

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, Presiden meminta dirinya untuk membuka Peparnas ini dan Presiden sendiri nanti yang akan menutupnya. “Pada PON yang lalu, Presiden membuka acara dan saya yang menutup, sebaliknya pada acara ini saya yang membuka dan presiden nanti yang akan menutupnya ini baru terjadi di tanah Papua. Papua memang hebat, Papua kam tra koso,” ucap Wapres Ma’ruf Amin. 

Selain itu,  Wapres Ma’ruf Amin menceritakan pengalamannya tiga minggu lalu yang hadir di Jayapura untuk menutup ajang Pekan Olahraga Nasiona XX tahun 2021, di mana dirinya mengaku sangat tersentuh dan terharu terhadap masyarakat Papua yang menyaksikan penutupan PON yang luar biasa dengan dilengkapi dengan luapan kegembiraan masyarakat, namun kehadirannya kali ini berbeda dari biasanya.

“Saya masih ingat dengan jelas riuh rendahnya Stadion Lukas Enembe ketika saya menyapa kalian, ‘Papua Su Bikin Sa Jatuh Hati Sekali’. Hari ini, saya datang kembali Torang baku dapa lagi, untuk membuka Peparnas XVI Papua tahun 2021,” ucap Wapres Ma’ruf Amin.

Baca juga : Harga Tiket World Superbike di Mandalika

“PON XX yang lalu sukses luar biasa. Saya yakin Peparnas ini akan sukses kembali karena masyarakat Papua adalah masyarakat pencinta olahraga dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat, sukses ini sekali lagi akan dicatat dalam sejarah yang akan selalu dikenng dalam hati seluruh rakyat Indonesia,” tambah Wapres.

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, Peparnas adalah ajang yang sangat istimewa untuk mendobrak batas kiri dan keluar sebagai pemenang. “Peparnas juga bukan sekedar kompetisi olahraga tapi lebih dari itu. Ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua,” tuturnya.

“Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan sa hati mencapai tujuan ciptakan prestasi. Dan ini merupakan pembuktian komitmen Pemerintah untuk memberikan perlakuan yang sama bagi setiap warga negara,” pesannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed