by

Pemuda Kreatif Gorontalo Jarang Dibantu, Kemenpora Berikan Solusi

Gorontalo, Biuus.com – Dalam meningkatkan kreativitas pemuda di Provinsi Gorontalo, Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), gelar pelatian Desain Grafis bagi pemuda dan mahasiswa se-Provinsi Gorontalo, Selasa (05/11).

Kegiatan yang mengangkat tema Pemuda dan mahasiswa kreatif unggul Indonesia maju ini, digagas oleh Kemenpora RI bekerja sama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Diharapkan dengan kegiatan tersebut, para pemuda dan mahasiswa bisa mengembangkan bakat serta kreativitasnya di bidang Informasi dan tekhnologi.

“Agar dimana putra putri Gorontalo itu bisa melahirkan satu temuan, terutama di bidang teknologi yang bisa bersaing dengan Nasional. Hal ini juga sebagai modal dasar untuk anak – anak muda dan juga mahasiswa, agar kedepan sudah punya keahlian sendiri dalam bidang teknologi Informasi. Sehingga ini sebagai manifestasi Revolusi Industri 4.0,” Kata Kepala Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda, Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Abdul Muslim, saat membuka kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Graha Mufida, Kota Gorontalo.

Dalam kesempatan itu juga, Abdul mengungkapkan, para pemuda ditargetkan dapat berkembang dengan motto SDM Unggul. Dengan kegiatan ini, sebagai tolak ukur untuk dapat melihat potensi yang dimiliki kaum milenial tersebut.

Kendati menurut Abdul, pemuda khususnya di Gorontalo sendiri sudah memiliki kemapuan kreatifitas untuk bersaing hingga ke tingkat internasional. Seperti contoh, kerajinan sulaman karawo, Kerajinan pakaian Tenun khas Gorontalo yang sudah terkenal sampai ke luar negeri. Dan itu tidak perna didata oleh pemerintah daerah.

 “Selama ini Pemerintah daerah khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga belum memiliki data – data terkait pemuda kreatif. Baru ada hanyalah data organisasi kepemudaan. Sehingga, pemuda kreatif ini jarang sekali mendapat bantuan dari pemerintah,” ungkap Abdul.

Inilah solusi perhatian dari pemerintah melalu Kemenpora, untuk memberikan stimulus untuk pemuda kreatif.

 “Seperti Bidang Grafika, Bidang Kriya, Bidang Kuliner yang sebenarnya di Gorontalo banyak pemuda – pemuda yang bernilai kreatif tinggi. Maka, dengan kegiatan ini kami harapkan pemerintah daerah akan mendata para pemhda kreatif yang bisa lebih ditingkatkan lewat dukungan pemerintah,” jelasnya.

Kegiatan serupa sebelumnya telah diadakan di puluhan Provinsi sesuai dengan kebutuhan daerah dan pemuda setempat. Seperti kreativitas bidang music, kuliner dan lain sebagainya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed