oleh

Pemkot Jayapura Pastikan Jaringan Telekomunikasi Berkualitas di Setiap Venue Peparnas XVI

Biuus.com, Jayapura  –  Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua memastikan pelayanan jaringan telekomunikasi berkualitas pada setiap venue selama perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang digelar pada 2-15 November 2021. 

Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura Binton Nainggolan mengatakan, diantara venue tersebut antara lain enam venue cabang olahraga (cabor) antara lain adalah Catur yang bertempat di Hotel Sahid Entrop, Boccia di Auditorium Universitas Cendrawasih (Uncen), Tenis Lapangan di Siansor Kantor Wali Kota, Sepak Bola Cerebral Palsy di Stadion Mandala, di Judo Tuna Netra di GOR Trikora, dan Bulu Tangkis di GOR Cendrawasih. 

“Dinas Kominfo Kota Jayapura berperan untuk melakukan kesiapan jaringan pada ajang Peparnas,” ujar Binton Nainggolan, Kamis (4/11/2021).

Dalam meningkatkan fasilitas telekomunikasi ini, Pemkot Jayapura menggandeng PT Telkom dan PT Telkomsel untuk menyediakan jaringan telekomunikasi yang berkualitas pada setiap venue yang menggelar pertandingan dalam ajang di atas. Sehingga, pelayanan jaringan telekomunikasi berkualitas dapat dilakukan dengan optimal selama ajang pesta olahraga kaum disabilitas. 

PT Telkom, kata Binton, mendapatkan porsi tugas yakni mengamankan jaringan telekomunikasi yang berkualitas dengan menggunakan infrastruktur kabel fiber optik yang tersambung di seluruh sudut tanah air. 

Melalui jaringan ini, akan dipasang pada teknologi modem yang dapat dipergunakan secara gratis kepada masyarakat yang berada di sekitar venue. 

Baca juga : Menparekraf Sandiaga: KTT G20 di Bali Bangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sedangkan PT Telkomsel mendapatkan porsi tugas mengamankan pengguna jaringan seluler Telkomsel di Kota Jayapura. Agar, kualitas sinyal pengguna sim card Telkomsel tetap prima selama penyelenggaraan ajang olahraga bagi atlet disabilitas. Ini penting, karena penyedia jaringan telekomunikasi hanya berasal dari operator seluler di atas. 

“Kita untuk mempersiapkan jaringan dan fasilitas wi-fi untuk kebutuhan venue dengan PT Telkom dan Telkomsel itu sangat kuat,” ucapnya. 

Kemudian, pihaknya juga akan menggunakan Telkomsel Orbit atau sejenis teknologi yang mirip dengan mobil modem yang tersambung ke satelit. Mobil ini akan berkeliling je tempat-tempat yang terindikasi mengalami gangguan sinyal. 

Melalui teknologi ini, masyarakat mendapatkan jaringan alternatif apabila terjadi gangguan jaringan telekomunikasi pada venue. 

Dalam mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi di atas pada setiap venue, juga bisa mengerahkan sebanyak dua mobil modem yang ditempatkan pada venue yang memiliki kecenderungan gangguan akses komunikasi. 

“Mobil modem itu merupakan back-up yang akan segera ditempatkan pada tempat-tempat yang terindikasi sinyal buruk,” tuturnya. 

Semua jaringan ini, lanjut dia, sejatinya sudah dipersiapkan sejak jauh hari dalam rangka ikut menyukseskan ajang olahraga Peparnas yang akan diikuti oleh sekitar 3.609 orang dari berbagai provinsi. 

Adanya teknologi jaringan telekomunikasi berkualitas, tentunya akan membuat proses penyampaian informasi dari lapangan ke berbagai pemangku kepentingan menjadi lebih cepat. 

Setiap insan yang hadir, dapat langsung memberitakan berbagai informasi yang terjadi sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Dengan begitu, seluruh masyarakat di pelosok tanah air dapat ikut menikmati dari siaran-siaran yang dapat disaksikan melalui streaming maupun televisi. 

“Jaringan telekomunikasi penting sekali dalam memastikan siaran streaming dan siaran televisi tetap lancar selama Peparnas,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed