oleh

Peluncuran Aplikasi MP3 Bappenas

Biuus.com, Jakarta – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) secara resmi meluncurkan aplikasi Manajemen Pengetahuan Perencanaan Pembangunan atau disingkat MP3, pada Kamis (15/4/2022).

Sistem ini dibuat untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas perencanaan dalam pembangunan di Indonesia dan dikembangkan oleh Knowledge Sector Initiative (KSI) yang sejak tahun 2020 lalu.

MP3 seperti dipaparkan oleh Deputi Bidang Ekonomi PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti diciptakan guna memudahkan, menghimpun produsen dari sisi produksi analisis serta kajian termasuk juga proses diseminasi, pencarian juga proses pemanfaatannya.

“Aplikasi MP3 berperan memperkuat Bappenas sebagai lembaga think tank dan meningkatkan kualitas dari perencanaan pembangunan,” ucap Amalia.

“Ke depannya aplikasi MP3 dapat lebih meningkatkan efektivitas dari proses perencanaan pembangunan dan tentunya dapat memperkuat peran Bappenas sebagai lembaga think tankdan juga memperkuat serta meningkatkan kualitas dari perencanaan pembangunan,” tambahnya.

Baca juga: Menpora Amali Hadiri Momen 500 Hari Menuju FIBA Basketball World Cup 2023

“Diharapkan Kementerian PPN/Bappenas bisa mengelola seluruh produk pengetahuan dan inovasi yang bermanfaat bagi perencanaan pembangunan,” harapnya.

MP3 bagi Kementerian PPN/Bappenas tambah Amalia merupakan salah satu toolsyang digunakan untuk mengedepankan bahwa perencanaan pembangunan itu harus berbasis bukti dan berbasis pengetahuan dan platform MP3 tersebut yang menjadi pegangan atau acuan.

“Kebijakan yang akan disusun Kementerian PPN/Bappenas harus berbasis kepada bukti dan analisis yang kuat. Menyusun kebijakan tidak hanya sekedar menyusun dalam kebijakan dokumen tetapi harus berlandaskan background study, policy analisis, exercise awal maupun simulasi dampak. MP3 hadir sebagai platform, kebijakan atau sarana bagi Kementerian PPN/Bappenas untuk memberikan kebijakan baru yang lebih efisien, berkualitas maupun lebih up-date karena berbasis pada data terkini,” papar Amalia.

Menurut Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga, MP3 ini mulai awal untuk membenahi kualitas perencanaan Kementerian PPN/Bappenas.

Baca juga: Menpora Amali Dorong PB IPSI Untuk Bentuk Pengurus di Luar Negeri

“MP3 menjadi wadah strategis dalam peningkatan kualitas perencanaan melalui pendekatan bridging from research to policy dengan memanfaatkan sumber daya pengetahuan yang dimiliki Kementerian PPN/Bappenas,” ucap Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 April 2022.

Diketahaui, launching aplikasi MP3 dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan PPN/Bappenas, diantaranya, Kepala Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan Mohammad Irfan Saleh.

Hadir juga, Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Plt Sekretaris Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nur Tri Aries Suestiningtyas, dan Sekretaris Kementerian PAN/RB dan Plt. Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed