oleh

Menpora Zainudin Amali Terima Izin Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Saat Diundang Kapolri

Biuus.com, Jakarta  –  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali  diundang oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/8) sore.

Menpora Zainudin Amali mengatakan, dirinya diundang terkait izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021/2022 yang rencananya bergulir pada Jumat (27/8) mendatang. 

“Sore ini saya diundang Pak Kapolri ke Mabes Polri untuk mendiskusikan pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2,” kata Menpora Amali di Jakarta, Senin (23/8). 

Menurut Menpora Zainudin Amali, mengingat situasi saat ini masih sedang pemberlakuan Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), suapaya masyarakat saat PPKM bisa ada hiburan khususnya sepakbola yang sangat diminati oleh masyarakat. 

“Akhirnya kami berkesimpulan bahwa Polri bisa memberikan izin keramaian tapi dengan persyaratan yang ketat serta penerapan prokes secara disiplin. pelaksanaan kompetisi juga hanya diperbolehkan di tempat yang ituasi covidnya sudah menurun,” ucap Menpora Amali. 

Menpora Zainudin Amali mengatakan, semua pihak harus mempunya komitmen selalu menjga prokes yang ada supaya tidak ada klaster baru lagi. Selain itu, pihak Polri akan memantau pelaksanaan kompetisi ini dan bila terdapat pelanggaran terhadap komitmen yang sudah disampaikan oleh penyelenggara maka pihak Polri bisa menghentikan sewaktu-waktu.


“Untuk itu dibutuhkan komitmen semua pihak, baik itu PSSI, PT Lga Indonesia Baru (LIB), pemilik klub, pemain, suporter dan semua yang terlibat untuk mematuhi aturan yang ada,” harapnya. 

Menpora meyakinkan Kapolri  akan bersama-sama mengawasi dan  mengawal pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ini.

“Itulah yang akhirnya mendasari  pihak Mabes Polri menerbitkan izin keramaian untuk kegiatan ini,” ucap Menpora Amali.

Sementara  itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang menyerahkan  langsung  izin kepada Menpora Amali mengatakan bahwa izin terbit setelah melakukan penilaian dan evaluasi soal pandemi Covid-19 di Indonesia. 

“Setelah melakukan evaluasi PPKM maka kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait dengan perizinan untuk dilaksanakan penyelanggaraan Liga 1 maupun Liga 2. Namun tentunya tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat,” kata Listyo. 

Diketahui, Liga Indonesia sudah terhenti selama satu tahun lebih karena pandemi Covid-19. Bahkan, Liga 1 2020 sudah dibatalkan setelah dihentikan pada Maret 2020. Saat itu, kompetisi baru memasuki pekan ketiga. 

Sebelum Liga 1, Kementerian Pemuda dan Olahraga sempat menggulirkan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada April lalu. Melonjaknya kasus Covd-19 sempat membuat Liga 1 2021 ditunda lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed