oleh

Menpora Zainudin Amali Tegaskan Pabrik Prestasi Olahraga Indonesia Adalah DBON

Biuus.com, Jakarta  –  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengungkapkan Desain Besar Olahraga nasional (DBON) akan dimulai pada saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021.

DBON ini akan menjadi jaminan dan kepastian secara terstruktur untuk menciptakan prestasi olahraga Tanah Air.  

“Dengan Desain Besar Olahraga Nasional ini, kita mempunyai kepastian, jaminan, terstruktur dan terencana dengan baik. Misalnya ditingkat (atlet) elite nasional itu pasti kita siapkan lapisan kedua, ketiga dan berikutnya. Itu namanya terdesain,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Menpora Zainudin Amali dan KADIN Tandatangani MoU Tentang Pengembangan Industri Olahraga

Menurut Menpora Amali, peringatan Haornas ke-38 ini turut dihadiri oleh presiden Jokowi yang hadir secara virtual dari Istana Negara. Kemudian hadir pula pimpinan lembaga, pimpinan kementerian, pimpinan lembaga non kementerian, Gubernur/Bupati dan Wali Kota.

“Akan hadir pula KONI, NOC, NPC, pimpinan cabang olahraga. Kami Juga mengundang pimpinan perguruan tinggi serta Dekan fakultas keolahraga seluruh Indonesia dan stakeholder lainnya. Tentu tidak lupa mitra kami dari Komisi X DPR RI,” jelasnya.

Oleh karena iitu, DBON ini, kata Amali, akan mengatur dari hulu hingga hilir. Hulu adalah Hulu adalah tingkat kebugaran masyarakat. Sementara hilirnya adalah prestasi. Untuk itu, olahraga didorong menjadi budaya masyarakat.

 “Hulu adalah tingkat kebugaran masyarakat. Masyarakat yang sehat dan bugar kita bisa dapatkan talenta atlet. Tak mungkin kita dapat talenta dari masyarakat yang tidak bugar. Sementara, hilirnya adalah prestasi. Untuk itu kita mendorong ini, olahraga menjadi budaya masyarakat kita,” kata Amali. 

Selain itu, DBON juga memberi ruang kepada atlet Olimpiade dan Paralimpiade, tidak ada lagi perbedaan antara keduanya.

“Pemerintah memberikan fasilitas yang sama. Tujuan dalam DBON jelas yaitu sasaran utamanya tentang prestasi ditingkat Olimpiade dan Paralimpiade. Kita tetap persiapkan ini dan semua unsur terlibat, baik ditingkat pusat maupun daerah,” jelas Menpora Amali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed