oleh

Menpora Zainudin Amali: Sosialisasi Perpres DBON

Biuus.com, Makassar  –  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menjelaskan tujuan dan fungsi desain besar olahraga nasional (DBON) yang kini sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. Lahirnya DBON ini karena dipandang perlu mengenai arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional.

“Tujuan desain besar olahraga nasional yaitu meningkatkan budaya olahraga di masyarakat,” kata Menpora Amali dalam dalam sosialisasi Perpres tentang DBON di Hotel Myko, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/11/2021). 

Menpora Zainudin Amali menyampaikan, DBON memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas, sinergitas dan produktivitas olahraga prestasi nasional. Selain itu, juga bertujuan untuk memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga. 

“Sementara itu, didalam DBON ini mencakup olahraga rekreasi, olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan industri olahraga atau wisata olahraga. Target jangka menengah dan panjang desain besar olahraga 2021-2045,” jelas Menpora Amali. 

Baca juga : Rektor UNM: Menpora Ini Termasuk Menteri yang Berhasil dan Luar Biasa

Lebih lanjut, Menpora Zainudin Amali ingin desain besar olahraga nasional menjadi pedoman bagi semua pihak dalam pelaksanaannya. Ditegaskan, sejauh ini pembinaan olahraga belum terdesain dengan baik. Dengan lahirnya DBON, diharap prestasi olahraga di Tanah Air dapat tercipta dengan baik.

“Selama ini pembinaan olahraga belum terdesain dengan baik. Nah, sekarang sudah ada. Dalam DBON ini, prestasi harus diciptakan bukan ditemukan dan  menjadi pedoman,” jelas Menpora Amali.

Disamping itu, DBON punya fungsi memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha, industri, akademisi dan masyarakat dalam penyelenggaraan keolahragaan nasional. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed