oleh

Menpora Zainudin Amali Pastikan WADA Pahami Kondisi Olahraga Tanah Air Ditengah Pandemi Covid-19

Biuus.com, Jayapura  –  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) hanya memberi teguran terkait implementasi program uji doping yang efektif.

Menurut Menpora Zainudin Amali, WADA pun disebut memahami kondisi olahraga di Tanah Air yang sempat terhenti karena dihantam pandemi Covid-19. 

“Memang WADA mengirimkan surat dan disampaikan kita tidak patuh. Begini, saat pandemi Covid-19, semua kegiatan olahraga kita berhenti. Tidak ada kompetisi, kejuaraan, bahkan car free day dilarang saat itu,” ucap Menpora Amali dalam wawancara bersama Radio Sonora dari Jayapura, Rabu (13/10/2021). 

Menpora Zainudin Amali mengungkapkan, setelah mendapatkan penjelasan melalui surat klarifikasi yang dikirim Kemenpora, WADA pun memahaminya.

“Sample itu diambil kalau ada kejuaraan atau kompetisi maupun turnamen. Kalau tidak ada bagaimana mau ambil sample kan begitu ya. Sehingga Indonesia tidak bisa memenuhi sample itu. Itu yang yang dianggap tidak patuh. Kemudian kita berkirim surat menjelaskan situasi yang kita hadapi ini dan akhirnya mereka memahami,” jelas Menpora Amali. 

Baca juga : Menpora Zainudin Amali Berterimakasih Kepada Masyarakat Papua : PON XX Berjalan Lancar

Lebih lanjut, Menpora Zainudin Amali menyampaikan WADA akan menunggu sample uji doping di PON Papua. Sehingga, ambang batas minimal sample pengujian atau TDP Indonesia dapat terpenuhi. 

Sample ini nantinya akan diawasi melalui Agensi Anti-Doping Jepang, dimana mereka sudah terakreditasi dan telah memiliki standardisasi. Dengan upaya ini, Menpora Amali berharap masyarakat maupun stakeholder olahraga tidak perlu khawatir.

Menpora Amali pun yakin Indonesia akan tetap bisa menggelar kejuaraan internasional yang telah dijadwalkan sebelumnya dan tidak kehilangan haknya dalam ajang olahraga tingkat dunia.

“Kita sudah berkirim surat dan WADA meresponsnya. Mereka memahami apa yang terjadi di Indonesia, situasi di Indonesia,” pungkas Menpora Amali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed