oleh

Menpora Zainudin Amali Optimis PON XX Papua Sukses

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, mengatakan optimis pihaknya terus melakukan persiapan untuk gelaran PON.

Menpora Zainudin Amali sampaikan persiapan fisik atau pembangunan venue maupun koordinasi antar stakeholder baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten kota kluster penyelenggaraan PON telah berkordinasi.

“Jadi persiapan- persipan non fisik (koordinasi) seperti ini juga penting. Disamping kita mempersiapkan hal-hal yang bersifat fisik seperti persiapan venue, kemudian persiapan tempat penginapan, transportasi dan berbagai hal. Itu saya kira jalan dan tidak ada masalah,” ujarnya.

Selain itu, Menpora Amali, hal-hal yang sudah menjadi tanggungjawab pemerintah pusat pada PON ini melalui pendanaan dari APBN baik di Kemenpora, Kementerian PUPR maupun di Kementerian Perhubungan dipastikan sudah dialokasikan. 

“Saya kira itu sudah teralokasi, demikian juga apa yang menjadi tanggung jawab pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten kota. Saya kira kalau ditanya apakah persiapan di lapangan seperti apa tentu kami berkoodinasi terus kami disana ada orang dari Kemenpora yang secara bergiliran kita tugaskan di 3 kluster tersebut,” ungkapnya. 

Selain pengadaan alat dan fasilitas olahraga, Menpora juga, mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah melalukan vaksin kepada para atlet dari kontingen 33 provinsi yang menjadi peserta PON XX di Papua. Bahkan, masyarakat yang ada di sekitar venue dengan radius dua per tiga sudah divaksin. 

Menpora pun optimis Papua mampu menjadi tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI. Dia meminta masyarakat datang ke Papua dan tidak terpengaruh pemberitaan negatif Papua terutama terkait keamanan.”Jadi saya kira gak ada masalah karena memang muncul pemberitaan dan lain sebagainya dan ini harus diklarifikasi,” pungkansya.Untuk diketahui, Kota Jayapura menjadi salah satu kluster lokasi penyelenggaran PON XX. Adapun lokasi lainnya yakni Kabupaten Jayapura, Mimika dan Kabupaten Merauke.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed