oleh

Menpora Zainudin Amali Dorong UPI Lahirkan Jurusan Manajemen Olahraga

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memberikan pesan khusus kepada Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Solehuddin agar membuat jurusan manajemen olahraga yang lulusannya diharapkan bisa menjadi pengelola cabang olahraga.

Menpora Zainudin Amali menilai, selama ini cabang olahraga (cabor) kerap memiliki masalah dalam pengelolaan karena pengelolanya tidak mengerti manajemen olahraga.

Hal itu disampaikan Menpora Zainudin Amali saat menerima kedatangan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Solehuddin di ruang kerjanya lantai 10, kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/1/2022) pagi.

Hadir mendampingi Rektor UPI, Prof. Dr. Bunyamin, M.Pd., MA. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Organisasi dan Sistem Informasi, Dr. R. Boyke Mulyana, M.Pd, Dekan FPOK, dr. Hamidie Ronald Daniel Ray, M.Pd., Ph.D dan Dra. Rohayati, MM KBTU FPOK.

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Dukung UPI Dirikan Bidang Studi Fakultas Kedokteran Olahraga

Pada kesempatan itu, Menpora Zainudin Amali juga mendorong agar para lulusan di Fakultas Keolahragaan UPI tidak hanya memiliki ijazah saja, tapi diberi sertifikat untuk menjadi pelatih sesuai bidang keahliannya. 

“Jadi kita kekurangan di tenaga-tenaga kepelatihan, anak-anak kita yang kuliah empat tahun kalah dengan yang dua minggu ikut kursus pelatihan. Mungkin setelah lulus mereka bisa mendpatakan sertifikat pelatih sesuai bidang. Jadi selain ijzah ada sertifikat,” harapnya.

Selan itu, Ia menyambut baik rencana UPI untuk mendirikan Fakultas Kedokteran Olahraga.

“Tentu kita apresiasi dan menyambut baik niatnya membuat Fakultas Keolahragaan dengan bidang kedokteran olahraga untuk mendukung implementasi DBON,” katanya.

Baca juga: Indonesia dan Sri Langka Bahas Isu Peningkatan Kerja Sama Bidang Ekonomi

Menurut Menpora Zainudin Amali, sentra-sentra pembinaaan atlet usia dini tersebut akan mulai melakukan rekruitmen atlet pada bulan Februari 2022.

“Tentu berbagai hal yang kita diskusikan, mudah-mudahan rencana dari UPI untuk melahirkan jurusan ataupun program studi itu bisa membantu implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional,” harapnya. 

Sementara itu, Rektor UPI Solehuddin mengatakan keberadaan Fakultas Keolahragaan dengan bidang sport medicine dibangun dalam rangka unruk mendukung kesuksesan rencana besar pemerintah yakni implementasi DBON. 

“dengan fakultas yang kita bangun ini mudah-mudahan kita bisa mendukung pemerintah dalam mensukseskan program dan kebijakan DBON ini dalam rangka mendukung prestasi olaharaga nasional. Disamping itu juga dalam rangka mendukung kesehatan masyarakat,” jelasnya.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.