oleh

Menpora Zainudin Amali: DBON Solusi Pembenahan Olahraga Nasional

Biuus.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, bahwa saat ini Kemenpora sudah memiliki sistem yaitu Desain Besar Olaharaga Nasional (DBON) untuk pembenahan Olahraga Nasional dan yang disusun berdasarkan arahan dari Prsiden Jokowi untuk mereview ekosistem Olahraga Nasional.

Menurut Menpora Zainudin Amali, DBON ini membahas mulai dari hulu sampai hilir.

“Desain besar olahraga nasional ini lahir setelah adanya arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang memerintahkan kami dan stakeholder terkait yaitu mereview ekosistem keolahragaan nasional,” ucap Menpora Amali saaat menjadi narasumber dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 atau FMB9 Senin (13/9/2021).

Menpora Zainudin Amali menegaskan olahraga merupakan hal penting dalam membangun karakter bangsa.

“Olahraga menjadi penting membangun karakter bangsa, untuk nasionalisme, dan patriotisme,” ucapnya.

Menurut Menpora Zainudin Amali, kegiatan olahraga harus dipandang sebagai investasi, bukan biaya semata.

“Kita harus ubah paradigma bagaimana olahraga ini menjadi kebutuhan,” ungkap Menpora Amali. 

Baca juga : Menpora Zainudin Amali Tegaskan Pemain Timnas Harus Miliki Mental dan Sikap yang Baik

Menpora Zainudin Amali mengungkapkan, saat ini olahraga belum ditempatkan sebagai menu utama makanan. Melainkan sebagai makanan pembuka atau penutup. Padahal, Menpora Amali berharap pembangunan sumber daya manusia yang memiliki karakter dan memiliki kemampuan untuk bersaing. 

“Selama ini kita menempatkan olahraga kalau saya sering ibaratkan ini bukan sebagai makanan utama, tetapi makanan pembuka atau penutup. Padahal kita mengharapkan pembangunan sumber daya manusia yang berkaratker, yang tangguh, yang punya kemampuan untuk bersaing,” jelasnya. 

Disamping itu, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan, jika atlet harus memiliki karakter kerja keras, disiplin, dan sportivitas. Sebab, kata dia, itu adalah roh dalam olahraga.

“Ini dibuktikan oleh atlet Paralimpiade Tokyo. Mereka sangat optimis dan menunjukkan bahwa mereka sama dengan atlet Olimpiade. Selain itu, kerja sama tim sangat dibutuhkan. Sehebat apapun dia kalau tidak bisa bekerja sama, maka nggak bisa berprestasi,” ucap Menpora Amali. 

“Lalu kita juga mendorong olahraga ini menjadi industri dan bagaimana kita bisa menjaga kepercayaan publik. Olahraga harus menjadi yang utama, menjadikan kita bugar dan prestasi,” tambah Menpora Amali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed