oleh

Menpora RI Zainudin Amali: Pemuda Saat Ini Tulang Punggung Indonesia Maju 2045

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, mengatakan, pemuda selalu ditempatkan pada posisi strategis di semua bangsa, termasuk Indonesia. Pasalnya, pemuda adalah pelaku pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

“Pemuda saat ini lah yang akan menjadi tulang punggung Indonesia maju pada tahun 2045 yang akan datang tepatnya 100 tahun Indonesia merdeka,” katanya saat menjadi pembicara dalam Dialog Nasional 2021 dengan tajuk ‘Keberlanjutan Ekosistem Kewirausaan Pemuda di Masa Covid-19’, Rabu (20/5) pagi.

Menurutnya, pemuda sebagai generasi penerus bangsa maka harus mempersiapkan diri dengan berbagai kompetensi sesuai dengan potensi masing-masing. “Diantara hal penting tersebut adalah potensi dan soft skill kewirausahaan di kalangan anak muda,” jelasnya.

Menpora Amali, meyakini kewirausahaan pemuda yang sedang berkembang saat ini menjadi solusi multidimensi masalah.“Karena pengembangan kewirausahaan pemuda diharapkan mampu mendorong perkembangan perekonomian dunia dengan basis kreativitas dan inovasi dalam berbagai sektor ekonomi terutama sektor ekonomi kreatif (Ekraf),” harapnya.

Dengan pengembangan kewirausahaan muda, lanjutnya, diharapkan akan melahirkan wirausaha muda pemula yang mempunyai kreativitas dan inovasi sehingga pada akhirnya mampu membuka lapangan pekerjaan. “Ini tentu perlu untuk kita wujudkan bersama. Upaya tersebut sekarang ini kita rasakan, menghadapi tantangan yang cukup serius baik pada tataran individu para pemuda itu sendiri, dukungan keluarga dan masyarakat serta lingkungan yang belum kondusif dan tidak kalah penting adalah masih terdapat keterbatasan jangkauan kebijakan yang sesuai dengan pemuda,” tandasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, Menpora menempatkan pengembangan kewirausahaan sebagai salah satu program prioritas Kemenpora hingga tahun 2024 yang akan datang. “Kami Ingin mendorong para pemuda kita untuk menumbuhkan minat dan bahkan berani memulai berwirausaha di saat usia muda itu melalui program atau kegiatan pengembangan kewirausahaan,” paparnya.

Disamping itu, juga mendorong koordinasi dan kolaborasi lintas sektor dalam pelayanan pengembangan kewirausahaan muda ini, baik di tingkat pusat sampai dengan tingkat daerah. “Sebagai implementasi dari program prioritas tersebut, Kemenpora melakukan melalui strategi pembangunan kewirausahaan pemuda yang disusun bersama-sama dengan Bappenas,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed