oleh

Menpora Amali Pimpin Pembacaan Ikrar Putra Indonesia, Saat Paskibraka 2021 Resmi Dikukuhkan Presiden Jokowi

Biuus.com, Jakarta  –  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021 secara resmi dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di halaman depan Istana Merdeka, Kamis (12/9) sore. Pengukuhan 68 pelajar SMA calon Paskibraka ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara pengukuhan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Presiden Jokowi. Setelah itu, para anggota Paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Indonesia yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. 

Menpora Amali menyampaikan pengantar pengukuhan calon anggota Paskibraka 2021.

“Hari ini saudara-saudara akan dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tahun 2021. Pengukuhan ini bermakna bahwa Paskibraka berjiwa ksatria, satu perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, rela berkorban untuk Ibu Pertiwi, Tanah Air Indonesia,” ucap Menpora Amali.

Menpora meminta calon Paskibraka untuk merenungkan tentang jati diri Paskibraka dan bertanya tentang kesiapan mereka untuk menjadi anggota Paskibraka untuk kemudian dikukuhkan.

“Dengan segala kemuliaan dan tanggung jawabnya, teguhkan niat yang kuat untuk terus berjuang mewujudkan kejayaan bangsa. Kini saatnya butuh komitmen bersama dari lubuk hati, perlu diucapkan dalam kata, bersediakah saudara-saudara mengucapkan Ikrar di hadapan bendera Merah Putih,? tanya Menpora Amali.

Secara serentak para calon anggota Paskibraka menjawab “siap, bersedia”. Ikrar pelantikan pun dimulai. Selaku pemimpin upacara, Febitri Nur Tsabitah diminta memegang bendera Merah Putih dan meletakkannya di dada kiri.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembcaan pernyataan pengukuhan sebagai anggota Paskibraka yang yang dibacakan Presiden Jokowi. Anggota Paskibraka ini nantinya akan bertugas pada saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang di Istana Merdeka, Jakarta. Sementara pada sore harinya, mereka juga akan kembali bertugas dalam upacara penurunan bedera.

“Dengan memohon rida Allah Yang Mahakuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2021. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” ucap Presiden.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed