oleh

Menpora Amali Pantau TC Timnas U-19 Yang Dilatih Langsung Shin Tae-yong

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memantau langsung Pemusatan Latihan (TC) perdana Tim nasional Indonesia U-19 dan dilatih langsung oleh Shin Tae-yong, di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/3/2022).

Menpora Amali didampingi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. 

Disela-sela kegiatan ini, Menpora Amali mengatakan dirinya memantau langsung TC para pemain untuk melihat persiapan pemain menuju Piala Dunia atau FIFA World Cup U-20 tahun 2023 dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya. 

“Jadi kita konsentrasi betul karena ini kesempatan yang belum tentu akan kita dapatkan beberapa tahun kemudian. Kita menjadi tuan rumah kemudian kita mendapatkan kesempatan untuk langsung menjadi bagian dari 24 tim. 23 tim lainnya tentu ada kualifikasinya,” kata Menpora Amali.

Baca juga: Menpora Amali Berikan Motivasi Pada Timnas Indonesia U-19

Menurut Menpora Amali, sebagai tuan rumah, Indonesia harus menunjukan tuan rumah dan penyelanggara yang baik sekaligus memiliki prestasi yang membanggakan. 

“Oleh karena itu, pemerintah pak presiden Jokowi memberikan arahan kepada saya, tolong sampaikan kepada Ketum PSSI, kepada para pengurus, tim pelatih dan anak-anak (pemain) supaya memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik- baiknya. Jadi arahan pak presiden seperti itu, sehingga kita bisa mencapai prestasi maksimal pada saat pertandingan Piala Dunia nanti tahun 2023,” ujarnya.

Menurut Menpora Amali, pemerintah tengah menyiapkan segala sarana prasarana sebagai tuan rumah terutama stadion yang akan digunakan di enam kota. 

“Sekarang ini tempat-tempatnya sudah selesai semua direnovasi baik yang mayor maupun minor. Tetapi nanti di awal tahun depan, kami pemerintah pusat melaui Kementerian PUPR akan melihat lagi kesiapannya,” jelasnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Menilai Olahraga Miliki Potensi Besar

Sebab, lanjutnya, dalam satu tahun ini lapangan tersebut digunakan oleh daerah dan diambil kembali oleh pemerintah pusat untuk persiapan Piala Dunia. 

“Kita tidak mau menjadi tuan rumah kemudian ada hal sekecil apapun itu membuat negara kita malu, itu pesan Pak Presiden. Jadi tuan rumah yang baik, dan timnas berprestasi,” bebernya. 

Menpora Amali menegaskan bahwa pemerintah memberikan support dan dukungan penuh kepada timnas, salah satunya dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan melalui PSSI. 

“Pokoknya pemerintah fully support, penuh supportnya kepada timnas karena penanggung jawab timnas kan PSSI, kita apa yang dibutuhkan oleh timnas pemerintah fasilitasi,” ucapnya.

Baca juga: Menpora Amali Berikan Arahan Saat Deklarasi PON XXI Aceh-Sumut

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan sebanyak 32 pemain mengikuti TC hari ini dari 39 pemain. Rencananya TC akan dilakukan tanggal 2 sampai tanggal 10. Setelah itu, para pemain akan melakukan TC di Korea Selatan. 

“Disana kemungkinan satu bulan lebih, kira-kita sampai April tanggal 15,” ucapnya.

Dia menjelaskan, para pemain terbit bebaskan dari beberapa sumber diantaranya akademi  dari Asprov PSSI, mantan pemain U-16 an beberapa pemain di Liga Indonesia. 

“Tentunya kita berharap dia akan melakukan latihan maksimal, ini yang betul-betul menjadi perhatian pak presiden dan pak menpora. Karena bisa berangkat atas dasar uang dari negara, terimkasih kepada pak presiden dan pak menpora khususnya mereka bisa berlatih sekarang dengan fasilitas yang full pak menpora,” jelansya.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.