oleh

Menpora Amali Bangga atas Prestasi Rio Waida Juara Sydney Surf Pro 2022

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali turut bangga dan mengucapkan selamat atas torehan prestasi yang diraih peselancar Indonesia Rio Waida yang menjuarai ajang bergengsi di Sydney Surf Pro 2022 nomor Open Mens.

Dalam ajang yang digelar di Manly Beach, Australia pada 17-24 Mei 2022 ini, Rio Waida sukses mencetak sejarah karena menjadi orang Indonesia pertama yang menjuarai ajang tersebut.

“Selamat kepada Rio Waida atas prestasi yang diraih dengan menjadi juara kompetisi selancar ombak bergengsi Sydney Surf Pro. Tentu ini prestasi sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia,” ujar Menpora Amali, Selasa (24/5).

Prestasi yang ditorehkan Rio ini membuktikan bahwa ternyata talenta Indonesia mampu bersaing dengan atlet-atlet luar negeri, khususnya di cabang olahraga surfing. Meskipun di Indonesia sendiri olahraga ini belum terlalu populer dan digemari masyarakat seperti cabang olahraga lainnya.

“Tapi dengan prestasi yang diraih Rio Waida, mudah-mudahan menjadi pemacu semangat dan motivasi sehingga makin banyak yang menggeluti olahraga ini dan mencetak prestasi di kancah dunia,” harapnya.

Disamping itu, Menpora Amali mengaku senang dan bangga hasil Rio Waida ini karena dia mendapat wild card untuk tampil dalm ajang selancar paling bergengsi dunia World Surfing League (WSL) Championship Tour yang akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi 26 Mei-4 Juni 2022. 

Rencanannya, Menpora Amali akan hadir untuk membuka dan menyaksikan secara langsung gelaran even tersebut di Banyuwangi.

“Beberapa waktu lalu, Bupati Banyuwangi, Bu Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyampaikandatang kek kantor mengundang saya untuk membuka kegiatan World Surfing League (WSL) Championship Tour ini. Karena WSL ini merupakan liga surfing internasional yang memiliki social media engagement terbesar ketiga dunia setelah NBA dan NFL (American Football),” katanya.

“Saya harap Rio menorehkan prestasi di WSL di Banyuwangi nanti” harapnya.

Seperti diketahui, Rio berhasil mengalahkan Ryan Callinan di final yang merupakan atlet tuan rumah. Rio mendapatkan skor tertinggi 17,73 mengalahkan Ryan Callinan dengan skor 15,70. 

Berdasarkan laman resmi World Surf League, Rio lebih dulu tampil apik pada babak 16 besar hingga melesat ke semifinal. 

Pada fase 16 besar, atlet pembawa bendera Merah Putih pada Olimpiade Tokyo 2020 itu mampu mengalahkan peselancar Brazil Michael Rodrigues. 

Rio mencetak 17,80, sedangkan Rodrigues dengan 17,67. Kemudian pada perempat final, dia bersaing dengan wakil Hawai, Brodi Sale. Dalam kesempatan ini, Rio kembali menang setelah mengantongi nilai 14,83. Sementara Sale 12,70.

Rio melanjutkan penampilan terbaiknya pada semifinal. Dia mendapat skor 13,50, mengalahkan peselancar Amerika Serikat Jett Schilling yang meraih 8,50.  Lalu, Rio berhasil menang pada laga final dan menjadi juara pada kompetisi internasional tersebut. Ia pun langsung merayakan seleberasi dengan membawa bendera Merah Putih sambil digendong berkeliling pantai.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.