oleh

Menpora Amali Bandingkan SEA Games 2019 dengan SEA Games 2021

Biuus.com, Jakarta – Kejutan dan terobosan baru terjadi di SEA Games Hanoi, Vietnam 2021, yang disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali yaitu jumlah atlet yang diberangkatkan mengalami penurunan sekitar 43,4 % dengan lebih mengandalkan 60% atlet junior, dan 40 % atlet senior dengan 526 nomor dari 31 cabang olahraga. Pengumuman ini disampaikan di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022) sore.

“Saya kira ini terobosan yang baru, sasaran utama kita adalah Olimpiade. Sementara SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara. Oleh karenanya di SEA Games kali ini, kami lebih memprioritaskan jumlah atlet junior lebih banyak dibandingkan atlet senior. Dan semua atlet yang diberangkatkan berdasarkan hitungan Tim Review dengan alasan dan dasar yang kuat untuk mendapatkan prestasi,” ucap Menpora Amali.

Dalam sambutanya Menpora Amali juga membandingkan antara SEA Games Manila 2019 dengan SEA Games Hanoi, Vietnam 2021. Dari sisi jumlah atlet, Bahkan dibandingkan SEA Games 2019 Filipina, diprediksi tim Indonesia akan kehilangan 30 medali emas pada SEA Games Hanoi, Vietnam tahun ini karena nomor dan cabornya tidak dipertandingkan, salah satunya Panjat Tebing.

Baca juga: Menpora Amali Jadi Kunci Dalam Acara Kuliah Universitas Muhammadiyah

Mengenai target medali sendiri, Menpora Amali menyampaikan bahwa, target utama adalah Olimpiade sesuai dengan Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.  “Jadi untuk target medali kita adalah medali emas, dan sasaran dan target  utamanya adalah Olimpiade sesuai dengan DBON. Setelah diumumkan ini, Tim Review, KONI dan KOI akan duduk kembali untuk menghitung secara detail update peluang medalinya, bahkan mereka terus melakukan monitoring dan evaluasi,” pungkasnya.

Berikut Perbandingan SEA Games Manila 2019 dengan SEA Games Hanoi 2021:

SEA Games Manila 2019             SEA Games Hanoi 2021

Jumlah Atlet      : 841                      Jumlah Atlet             : 476
Ofisial              : 308                     Ofisial                      : 207
Headquarter dan     : 168               Headquarter dan      : 168

Tenaga Pendukung                       Tenaga Pendukung
Cabang Olahraga    : 56                Cabang Olahraga    : 40
Nomor         : 529                     Nomor          : 526

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed