oleh

Menpora Amali Apresiasi Masyarakat Ikut Adil Sukseskan Olahraga Nasional

Biuus.com, Yogyakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan apresiasi kepada masyarakat yang berpartisipasi untuk Indonesia bergerak dengan berbagai aktivitas olahraga. Hal ini disampaikan ketika membuka Lomba Senam Kreasi Daerah se-DIY, di Graha Wana Bhakti Yasa, Jl Kenari 14 Yogyakarta, Sabtu (26/3/2022) pagi.

“Tentu kami mengapresiasi upaya-upaya dari masyarakat, upaya-upaya lri kelompok masyarakat untuk menggiatkan supaya masyarakat mau bergerak,” ucap Menpora Amali.

Ada fakta dari sisi kebugaran, masyarakat Indonesia masih sangat tertinggal dan ini sangat terasa bagaimana orang Indonesia tidak bugar ketika pandemi datang. 

Baca juga: Rektor UGM Ucap Rasa Bangga dan Terima Kasih kepada Menpora Amali

“Ketika negeri ini dilanda oleh pandemi banyak yang terpapar akibat daya tahan tubuhnya kurang baik, imunnya tidak bagus. Daya tahan tubuh atau imun salah satunya disebabkan oleh kebugaran fisik dan kebugaran fisik adalah hasil dari kita bergerak, bergerak yang sederhana sekalipun,” ucap Menpora Amali. 

Oleh karenanya Menpora mengapresiasi upaya masyarakat, yang dalam lomba kali ini diselenggarakan ormas MKGR, serta Gerakan Perempuan MKGR yang memulai lagi aktivitas ditengah-tengah masyarakat dengan senam. Dengan adanya Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan telah disahkan UU No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan diharapkan masyarakat semakin bergairah berolahraga.

Demi percepatan dan mengembalikan semangat berolahraga khususnya di kalangan siswa, kerjasama antara Kemenpora dan Kemenbudristek dilakukan guna meluncurkan kembali Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) dengan versi terbaru dan sekarang sudah mulai disosialisasikan diberbagai sekolah.

“Saya berharap MKGR mengambil peran itu, supaya masyarakat kita dorong kembali untuk mau berolahraga, zaman dulu ada slogan mengolahragakan masyarakat, memasyarakatkan olahraga, itu hilang, nah sekarang ini dengan adanya UU Keolahragaan yang baru dengan Desain Besar Olahraga Nasional itu akan kita gairahkan kembali,” ucap Menpora Amali.

Jika kita lihat memang benar dalam tagline DBON itu cetak juara, tetapi tidak ada juara yang lahir dari masyarakat yang tidak bugar, maka ekosistem pembinaan olahraga dari dulu hingga sekarang harus direncanakan dengan matang, terarah, dan berkelanjutan.

Baca juga: Menpora Amali Dengan Rektor UGM Mendatangi MoU

“Jadi Desain Besar Olahraga Nasional mengatur dari hulunya kebugaran dan hilirnya adalah prestasi, mari bersama ambil peran masing-masing,” pungkasnya.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong didampingi oleh Ketua Umum KONI DIY Joko Pekik Irianto dan para pengurus MKGR DIY, juga disuguhkan Senam Kreasi DIY oleh adik-adik yang sangat apik dengan kostum Jawa dengan iringan Gending Kreasi Modern Sluku-sluku Batok.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.