oleh

Menpora Amali Ajak Wanita di Indonesia Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Biuus.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka webinar kerja bareng Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2022) pagi.  

Acara yang bertemakan ‘Tetap Bugar Selama Berpuasa dengan Berolahraga’ menurut Menpora Amali sangat tepat karena akan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya olahraga demi kesehatan dan kebugaran fisik.

“Pertama saya menyambut baik kegiatan OASE-KIM ini karena ditengah puasa bukan Ramadhan seperti ini terkadang orang melupakan gerak fisik, seolah-olah menguras energi dan tenaga serta menambah lapar dan dahaga,” ucap Menpora Amali

Menpora Amali menyampaikan, pada acara tersebut bahwa sekarang ada landasan yang jelas untuk membangun olahraga yakni, UU No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dimana setiap kelompok masyarakat dapat berperan.

“Perlu diketahui oleh wanita Indonesia bahwa sekarang ada DBON yang visinya mewujudkan Indonesia bugar, berkarakter unggul, dan berprestasi dunia,” ucap Menpora Amali.

“Oleh karenanya saya ucapkan terima kasih kepada OASE-KIM atas kepeduliannya kepada masyarakat khususnya wanita Indonesia agar menjadi bugar. Dengan wanita bugar melahirkan generasi unggul, menjadi produktif, dan pembangunan bangsa dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Baca juga: Menpora Amali Harap Manfaatkan Peluang, Pemuda Berwirausaha Untuk Menyambut IKN

Disamping itu, Menpora Amali juga mengajak OASE-KIM dan wanita Indonesia untuk mencermati kondisi kebugaran secara umum dari  Negara Indonesia saat ini, dimana faktanya masih sangat memprihatinkan dan secara data ternyata masyarakat yang bugar hanya 24% dengan partisipasi olahraga baru mencapai 34%. Belum lagi ditambah menempati peringkat terbawah dunia malas berjalan, rata-rata 3.513 langkah per hari yang seharusnya 7.000 langkah. 

Karena kondisi pandemi dua tahun terakhir ini, gaya hidup dan belajar anak-anak di Indonesia berubah dengan 90% melalui gadget (digital/internet) yang mengurangi aktivitas gerak. Pelajar yang sangat aktif hanya 2,1% sedangkan pelajar bugar kategori baik sekali hanya 0,14%.

“Ada penelitian salah satu SMK di Jawa Tengah, tidak perlu saya sebutkan sekolahnya, dari 2.000 siswa-siswi kelas 12 (yang akan lulus) hanya ada 5 orang yang bugar. Coba bayangkan mereka akan mengisi dunia kerja dalam kondisi tidak bugar,” ungkap Menpora Amali.

Khusus untuk para perempuan Indonesia diingatkan ada data yang menunjukkan bahwa kemampuan maksimal seseorang dalam mengonsumsi oksigen saat tubuh beraktivitas (VO2 Max) ternyata masih dibawah laki-laki, oleh karena itu kesempatan webinar ini sangat baik untuk terus mengajak masyarakat berolahraga agar semakin bugar dan sehat.

“Ada data VO2 Max perempuan 23,98 sementara laki-laki 28,68 rata-ratanya bila digabung 26,35. Adapun kategori kebugaran jasmani secara nasional yang unggul hanya 2,43% sementara kurang sekali mencapai 53,63%. Oleh karenanya saya mengajak mari OASE-KIM terus berperan aktif demi terwujudnya masyarakat bugar dan sehat,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed