oleh

Lagu “Torang Bisa” Resmi Diluncurkan Untuk PON XX Papua

Biuus.com, Jakarta Lagu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dengan judul “Torang Bisa” secara resmi diluncurkan pada Sabtu (11/9/2021) di Jakarta.  Lagu ini sebagai penyemarak dalam pelaksanaan pesta olahraga nasional yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober mendatang. Selain itu, lagu memiliki makna mendalam bagi Papua sebagai tuan rumah PON Papua.

Ketua Bidang II PB PON XX Papua, Roy Letrora mengatakan, lagu tersebut mengenai Papua sebagai tuan rumah. Secara umum, lagu “Torang Bisa” ini menggambarkan bagaimana antusiasnya masyarakat Papua dalam menyambut seluruh kontingen yang nantinya akan datang.

“lagu “Torang Bisa” ini menyangkut Papua yang menjadi ruan rumah. Antusiasme masyarakat dalam menyambut kontingen seluruh provinsi lain. Torang Bisa ini juga mengimplementasikan bagaimana Papua siap melakanakan PON,” ucap Roy dalam peluncuran lagu PON Papua di Metro TV, Jakarta, Sabtu (11/9/2021).

Roy menceritakan, penciptaan lagu Torang Bisa melalui tahapan yang panjang, mulai dari sayembara yang diikuti banyak kontestan. Hingga akhirnya ada 15 kontestan yang masuk dalam tahap penilaian.

“Ada sayembara hingga akhirnya ditetapkan pemenang setelah dilakukan penjurian. Kemudian setelahnya ada beberapa lirik dirubah tapi prinsipnya fair. Prosesnya lumayan panjang,” kata Roy.

Baca juga : Menpora Zainudin Amali Memastikan PON XX Papua Siap Digelar

Roy juga menerangkan, lagu yang dinyanyikan Vien Mangku dan Qibah Mansawan ini memiliki makna kebersamaan ditengah keberagaman. Papua, kata dia, mampu merangkul seluruh kontingen dari seluruh Provinsi.

“Ini lagu menekankan aspek kebersamaan dan Papua bisa merangkul seluruh saudara kita dari luar, karena kita membawa citra bangsa dalam olahraga,” ungkapnya. 

Sementara itu, Etho Ririmasse pencipta lagu “Torang Bisa”, menyampaikan hal yang sama. Ia menjelaskan, lagu tersebut berbicara tentang kesiapan Papua dalam pelaksanaan PON XX. 

“Itu betul-betul kita dari Papua siap menjadi tuan rumah yang baik, menjadi partner kerja, mendukung dan menjaga sportivitas,” pungkas Etho. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed