oleh

Kampung Ramadhan, Kreativitas Remaja Islami Masa Kini

Menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, Remaja Masjid Hidayaturrahman,Dusun Menggala,Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang,Kabupaten Lombok Utara akan mengadakan Kampung Ramadhan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar remaja dan masyarakat setempat, merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Remaja Masjid Hidayaturrahman. Sebagai pemersatu perbedaan dalam masyarakat Dusun Menggala,setelah Pemilihan umum serentak yang diadakan beberapa waktu lalu.

Kegiatan Kampung Ramadhan sebagai bentuk kreativitas ini akan dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan, seperti kegiatan keagamaan berupa ceramah ramadhan, pengajian setelah shalat subuh, pesantren kilat dari senin sampai jumat. Selain itu juga akan diisi dengan kegiatan kesehatan, berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di lapak kesehatan,tenaga medis yang disiapkan pun dari remaja setempat yang sudah bekerja di Dinas Kesehatan.

Baca JugaSepenggal Cerita UMKM Pasca Gempa Lombok

Selanjutnya kegiatan lain berupa pendirian 10 stan yang dapat digunakan masyarakat Dusun Menggala untuk berjualan sehingga Kampung Ramadhan nantinya ditargetkan sebagai pusat perburuan takjil. Dengan adanya kegiatan Kampung Ramadhan, tidak hanya sebagai kegiatan yang bersifat religinamun juga sebagai kegiatan trauma healing pascagempa bumi Lombok, 5 agustus 2018 lalu. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan kondisi psikis serta ekonomi masyarakat dapat pulih kembali.

Muhammad Sultan, selaku ketua Remaja Masjid Hidayaturrahaman yang sudah menjabat selama 5 tahun memaparkan juga akan mendirikan spot-spot foto serta pemasangan lampio nuntuk menarik pengunjung dari luar desa. Harapannya dengan diadakannya Kampung Ramadhan ini akan menjadi contoh bagi remaja masjid di desa-desa lainnya sehingga tahun depan akan lebih banyak bermunculan kampung-kampung ramadhan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed