by

Jika Pendapatan mu Bertambah, maka Tinggikan Sedekah Mu

Kata “sedekah” memang sudah tidak asing di telingan, sebagian ungkapkan bahwa jika pendapatan mu bertambah, maka tinggikan sedekah mu, bukan gaya hidup mu.

Uniknya beberapa milyarder di dunia terus menerus bersedekah, apakah prinsip ini yang dianut mereka.

Semakin kaya, bukannya semakin sombong, mereka malah semakin rajin membagikan harta kekayaan mereka pada orang-orang yang membutuhkan.

Milyarder-milyarder ini juga aktif dalam organisasi non-profit The Giving Pledge. Milyarder atau orang-orang kaya menyisihkan separuh dari kekayaan mereka untuk dibagikan kepada dunia. 

Siapa saja sih orang-orang kaya yang tidak takut kehabisan atau kehilangan uang dengan berbagi ini?

Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi

Kekayaan nya memang tidak sekaya Raja Arab. Tapi jika ditanya tentang jumlah uang yang telah ia donasikan, maka kita akan menghormatinya setara dengan Raja. 

Saat ini jumlah aset pendiri Al-Rajhi Bank ini adalah 590 juta Dollar, tapi jumlah uang yang ia donasikan adalah 5,7 milyar Dollar! Itu berarti ia lebih banyak menghabiskan uang untuk bersedekah daripada membeli aset.

Bill Gates

Kekayaan Bill Gates sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ada saat-saat dimana dia menduduki peringkat orang terkaya di dunia. Kesederhanaannya juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia tidak pernah terlihat menggunakan pakaian yang bermerek dan berharga mahal. Selain kaya dan sederhana, rupanya ia juga sangat dermawan. Dari total kekayaannya yang sebesar 86 milyar Dollar, sepertiganya ia sumbangkan pada mereya yang membutuhkan. Ia dan istrinya juga memiliki yayasan non-profit Bill and Melinda Gates foundation.

Warren Buffett

Warren Buffett juga dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Amerika Serikat. Sebelum Bill Gates, dialah orang terkaya di dunia. Meski saat ini kekayaannya sudah tertandingi, bukan berarti ia berhenti bersedekah. Sama seperti Bill, Warren juga menyumbangkan sepertiga kekayaannya yang berjumlah 61 milyar Dollar. Bill dan Warren ini pula yang mendirikan organisasi The Giving Pledge.

Mark Zuckerberg 

Nama yang ini pasti sudah sangat akrab di telinga kita. Selain terkenal karena kecerdasan dan kekayaannya, ia juga dikenal dengan kesederhanaannya.

Ia sendiri banyak berguru pada Bill Gates, nggak heran kalau gayanya mirip-mirip, termasuk gaya bersedekahnya yang nggak tanggung-tanggung. Meski jumlah asetnya mencapai 58 milyar Dollar, ia tidak ragu untuk menyumbangkan 35 milyar Dollar pada yayasan-yayasan.

Manusia berwatak dermawan ini membuktikan jika berbagi dan sedekah tidak akan membuat uangmu habis, malah bertambah.  

Bersedekah juga membuat hidup kita lebih bahagia karena membuat orang lain bisa tersenyum. 

Coba belajar mulai dari hal kecil, jika gaji mu bertambah maka ingatlah untuk sedekah atau berbagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed