oleh

Hiroshima dan Nagasaki University Digandeng KBRI Tokyo Dukung Program IISMA

Biuus.com, Tokyo  –  Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggandeng dua universitas terkemuka di Jepang, yaitu Hiroshima University dan Nagasaki University untuk menjadi mitra program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) serta beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mulai tahun 2022.

Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi mengungkapkan, kedua universitas itu sangat strategis selain itu, jaringan kedua universitas juga dipandang bagus untuk menjadi penghubung bagi pengembangan kerja sama dengan berbagai universitas di Indonesia.

“Rektor Hiroshima University merupakan ketua asosiasi rektor universitas Jepang dan Indonesia dan memiliki banyak anggota sehingga sangat bagus dijadikan simpul untuk penghubung universitas di Jepang dan Indonesia,” ucap Dubes Heri, saat mengunjungi Hiroshima University, Kamis (5/8).


Dubes Heri mengukapkan, Nagasaki University sangat cocok untuk kerja sama dengan Indonesia.

“Nagasaki University telah lama mengembangkan ilmu kedokteran dan farmasi dengan mendirikan Institute of Tropical Medicine. Jadi, sangat cocok untuk kerja sama dengan Indonesia, ” ucap Dubes Heri saat mengunjungi Nagasaki University,Senin (9/8)

Dubes Heri juga mengusulkan mekanisme pembiayaan kerja sama pendidikan berimbang dengan menggabungkan antara sumber dana Jepang, seperti beasiswa Monbukagakusho (MEXT) dengan beasiswa LPDP dari Indonesia.

“Dengan pembiayaan bersama maka jumlah mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Jepang akan lebih banyak,” ucap Dubes Heri.

Atdikbud Yusli Wardiatno mengatakan adanya potensi kerja sama yang baik dari kedua universitas tersebut.

“Fakultas perikanan di sini sangat bagus sehingga dapat dihubungkan dengan fakultas perikanan dan ilmu kelautan yang ada di berbagai universitas di Indonesia. Kerja sama tersebut diharapkan bisa memperkokoh kerja sama pembangunan enam pelabuhan perikanan di pulau terluar Indonesia yang dibiayai oleh JICA,” harap Yusli yang juga salah satu alumni Nagasaki University.

Pada akhir diskusi, Dubes Heri bersama Rektor Hiroshima University Mitsuo Ochi dan Rektor Nagasaki University Shigeru Kohno sepakat untuk mendetailkan format kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dubes Heri juga mendorong pembaruan dokumen kerja sama antara kedua universitas dengan perguruan tinggi di Indonesia yang sudah kedaluwarsa, tetapi memiliki potensi pengembangan keilmuan yang diperlukan Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed