oleh

Gubernur Lukas Enembe Bangga PON XX Papua Terselenggara dengan Sukses

Biuus.com, Jayapura  –  Gubernur Papua yang juga Ketua Umum PB PON XX, Lukas Enembe menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran pemerintah serta stakeholder atas suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON XX) Ppaua 2021 yang diselenggarakan tanggal 2-15 Oktober 2021. 

“Saya terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PON XX Papua. Terimakasih kepada Presiden RI, Wakil Presiden dan bapak ibu Menteri, Kapolri, Panglima TNI, Ketua KONI dan seluruh KONI daerah serta stakeholder lainnya. Dengan hati yang terluas saya ucapkan terimakasih,” kata Lukas Enembe dalam sambutannya saat upacara penutupan PON XX Poaua 2021, Jumat (15/10) malam. 

Disamping itu, Lukas mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kerja keras panitia sehingga penyelenggaraan Papua ini berjalan dengan baik hingga penutupan. 

Dalam kesempatan ini, Lukas Enembe juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para atlet, pelatih dan semua kontingen yang telah bertanding di pada PON XX ini. 

“Saya ucapkan terimakasih tak terhingga kepada seluruh atlet yang sudah bertanding dengan jiwa sportif dan gigih sportivitas, integritas dalam setiap pertandingan,” katanya. 

Politisi Demokrat ini tak lupa  mengucapkan selamat kepada para peraih medali baik emas, perak, ataupun perunggu atas prestasi yang telah ditorehkan di Tanah Papua. 

“Semoga bisa meraih medali di event lain. Bagi yang belum berhasil, ingatlah kegagalan adalah awal keberhasilan,” pesannya. 

Baca juga : Wapres Ma’ruf Amin: Ada 3 Poin Penting Disampaikan saat Penutupan PON XX Papua

Lukas mengaku bahagia, terharu dan bangga karena Paoua berhasil menyelangga kan PON XX. Sebab sebelumnya PON XX Papua diragukan oleh sebagian iranh kesuksesannya. Namun masyarakat Paoua berhasil membuktikan nya. 

“Kepada masyarakat Papua, saya harus katakan bahwa kalian semua luar biasa. Papua Bisa, Torang Bisa. Kita akan berjumpa lagi pada PON berikutnya di tempat terbenam matahari, Aceh dan Sumatera Utara,” katanya 

“Dari lubuk hati yang terdalam, saya Gubernur Papua sekaligus Ketua Umum PB PON XX, atas nama rakyat Papua menyampaikan permohonan maaf (jika ada kekurangan). Kenangan indah masih bersemi. Sampai berjumpa lagi,” tutupnya. 

Dalam acara ini, PON XX Papua 2021 secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya, Wapres memberikan apresiasi setinggi-tinggi terhadap pelaksanaan ajang olahraga terbesar di Tanah Air yang telah berjalan dengan aman, lancar, dan sukses. 

“Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 secara resmi saya nyatakan ditutup,” kata Wapres Ma’ruf Amin. 

Wapres yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Papua yang telah menjadi tuan rumah yang hangat bagi kontingen dari daerah lain. 

“Dua pekan sudah PON XX Papua 2021 terselenggara dan akhirnya kita sampai pada puncaknya pada malam hari ini. Atas nama Bapak Presiden serta segenap jajaran pemerintah, saya menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua,” ujar Wapres. 

Acara penutupan PON XX Papua berlangsung meriah. Dimulai dari defile bendera dan atlet dari kontingen masing-masing daerah. Lalu penurunan bendera PON yang kemudian Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bendera tersebut kepada Ketum KONI Pusat Marciano Norman. 

Selanjutnya, Marciano menyerahkan bendera PON kepada Sekda Provinsi Aceh Taqwallah dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi selaku tuan rumah penyelenggaraan PON 2024. Setelah itu, dilakukan pemadaman api PON Papua seterusnya penampilan tarian kebersamaan dan ditutup dengan penampilan artis. 

Hadir dalam acara ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali bersama sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, Para Gubernur, Panglima TNI, Kapolri, Ketua KONI dan kontingen 34 provinsi seluruh Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed