oleh

Empat Tips Mendidik Anak di Rumah Saat Pandemi

Saat pandemik pekerjaan orang tua bisa lebih banyak dari sebelumnya. Apalagi di saat keadaan ekonomi yang melemah seperti saat pandemic Covid-19.

Orang tua dituntut bekerja lebih giat dari sebelumnya, di satu sisi harus menampingi anak dalam melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali berbagi tips kepada keluarga khususnya orang tua dalam mendidik anak selama masa isolasi pandemik Covid-19. 

Berikut 4 (empat) tips yang bisa dilakukan orang tua selama di rumah versi Rhenald Kasali.

Pertama, lakukan kolaborasi sesama anggota keluarga. Menurutnya, tips yang pertama ini sangat penting sebab di masa seperti ini peran seluruh anggota keluarga untuk saling bekerja sama sangat dibutuhkan oleh anak saat belajar di rumah.

“Tidak bisa kita atasi sendirian. Kita perlu dukungan keluargakita,” kata Rhenald yang merupakan Pendiri Rumah Perubahan ini dalam sebuah kesempatan.

Kedua, perlu diciptakan suasana bermain di rumah sehingga anak tidak tertekan. Rhenald juga menyebut saat ini Kemendikbud memiliki program Belajar dari Rumah di TVRI yang bisa disaksikan oleh anak dalam rangka mendapatkan ilmu pengetahuan.

“Pada malam hari, orang tua juga perlu membaca tips cara mendidik anak dan melakukannya dengan baik,” ujarnya.

Ketiga, pentingnya memberikan cerita dongeng kepada anak. Ia menilai, dongeng yang diceritakan oleh orang tua menjadi penting untuk mengembangkan imajinasi anak.

“Dongeng penting. Kembali lagi ke masa kecil kita. Kita didongengin oleh orang tua, itu sangat penting sekali,” kata Rhenald.

Keempat, bimbingan anak tanpa menghukum. Menurutnya, masing-masing anak memiliki cara belajar sendiri, seperti ada yang bisa fokus dengan gambar, namun ada pula yang fokus dengan tulisan. Karena itu, orang tua jangan memarahi anaknya ketika sulit belajar.

“Jangan langsung menghukum anak-anak yang susah belajar karena mereka punya cara sendiri,” tutupnya.

Sumber: https://jendela.kemdikbud.go.id/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed