oleh

DWP Kemenpora Gelar Donor Darah dengan PMI

Biuus.com, Jakarta – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar kegiatan donor darah di Wisma Kemenpora yang berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat, Senin (28/3/2022).

Penanggung Jawab Klinik Pratama PPITKON Kemenpora, dr Rora Asyulia mengatakan, peserta yang mengikuti donor darah ini merupakan pegawai di lingkungan Kemenpora.

“Peserta donor darah mencakup dari pegawai Kemenpora. Kegiatan ini rutin dilakukan sekitar per tiga bulan,” ucap dr Rora Asyulia.

Baca juga: Menpora Amali Harap Semakin Banyak Atlet Atlet Yang Lolos Kualifikasi

Ia bilang, peserta yang berhasil melakukan donor darah hanyalah 75 orang. Selebihnya tidak bisa melakukan donor darah dengan alasan belum memenuhi syarat medis.

“Sebelum dilakukan donor darah, kita melakukan pengecekan terlebih dulu. Ternyata ada peserta yang belum bisa mendonorkan darah misalnya jarak vaksin kurang dari seminggu, kadar Hb-nya (Hemoglobin), kurang jam tidur,” ucap dr Rora Asyulia.

Menurutnya, donor darah memiliki berbagai manfaat. Misalnya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah, serta membuat lebih sehat secara psikologis. 

“Jadi, selain baik untuk kesehatan diri, donor darah juga bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Harapan kita, alangkah baiknya bagi orang yang layak dan memenuhi syarat yang ada, harap bisa mendonorkan darahnya,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu program kerja dari DWP Kemenpora. Pelaksanaan ini tentunya menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.